DRAFT KEGIATAN GELAR MANAJEMEN PRESTASI PRAMUKA PENGGALANG (GEMILANG) PANGKALAN SD/MI TAHUN 2017 - Kwarran Karangpucung | Situs Resmi Kwarran Karangpucung Cilacap Jawa Tengah
News Update
Loading...

Sunday, June 4, 2017

DRAFT KEGIATAN GELAR MANAJEMEN PRESTASI PRAMUKA PENGGALANG (GEMILANG) PANGKALAN SD/MI TAHUN 2017

DRAFT KEGIATAN
GELAR MANAJEMEN PRESTASI PRAMUKA PENGGALANG (GEMILANG)
PANGKALAN SD/MI TAHUN 2017
TINGKAT KWARTIR RANTING 110113 KARANGPUCUNG

A.    DASAR PENYELENGGARAAN
1.    Undang Undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka
2.    AD/ART Gerakan Pramuka
3.    Program kerja Kwartir ranting 110113 Karangpucung

B.    MOTTO DAN TEMA
1.    Motto               : Satyaku KuDharmakan Dharmaku KuBhaktikan
2.    Tema               : Gembira, Bersahabat, Berkarakter dan Berprestasi

C.   PELAKSANAAN
1.    Hari                 : Jumat s.d Minggu
2.    Tanggal           : 4 s.d 6 Agustus 2017
3.    Tempat            : opsi 1 : Lapangan Purbayasa, Opsi Lainnya : ..................
D.   KONTINGEN GUDEP
1.    Setiap kontingen mengirimkan dua regu (1 Regu Putera dan 1 Regu Puteri)
2.    Setiap Regu terdiri dari 10 (sepuluh) anggota, tidak boleh lebih
3.    Regu putera didampingi oleh 1 orang Pembina Putera boleh membawa 1 Pembantu Pembina
4.    Regu puteri didampingi oleh 1 orang Pembina Puteri boleh membawa 1 Pembantu Pembina
5.    Peserta adalah Pramuka Penggalang Ramu dan Sudah dilantik dibuktikan dengan Foto Copy Buku SKU Penggalang dan Surat Tanda Lulus Ujian SKU Penggalang Ramu
6.    Setiap regu wajib membawa dan menyerahkan bambu dengan ukuran panjang 3 Meter dan diameter bambu menyesuaikan degan pegangan tangan peserta didik (tiang bendera) di cat dengan warna putih, diserahkan pada saat pendaftaran ulang.
7.    Setiap regu wajib melengkapi berkas administrasi, yaitu terdiri dari :
a.    Form kesediaan Gudep
b.    Biodata Bindamping dan Peserta
c.    Sejarah Regu
d.    Copy SK Nomor Gudep
e.    Copy SK Pengurus Mabigus yang berlaku
f.     Sejarah Regu

E.    MATERI KEGIATAN
1.    Kegiatan Rutin
a.    Upacara Pembukaan dan Upacara Penutupan
b.    Apel Pagi dan Apel Sore
c.    Upacara Api Unggun
2.    Kegiatan Pembinaan Anggota Dewasa
a.    Karangpamitran
-       Seluruh Pembina Pendamping wajib mengikuti Karangpamitra Pembina Pramuka Penggalang SD/MI
-       Sosialisasi UU Perlindungan Anak dan Perda Perlindungan Anak
3.    Kegiatan Sosial, Agama dan Persahabatan
a.    Ibadah/ Sholat
Peserta menjalankan kegiatan keagaam sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
b.    Pentas Seni
Setiap Korwil Gudep akan menampilkan/ mengirimkan dua macam tampilan/ perwakilan untuk menampilkan seni budaya dapat berupa tari dareah, tari modern, nyanyi dll.
c.    Fun Out Bound
Peserta akan mendapatkan kegiatan dialam terbuka yang asik, menyenangkan dan membangun persaudaraan dalam bentuk outbound
d.    Bumbung Pramuka Peduli
Setiap peserta menyumbangkan dana nya sebesar Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) kedalam kotak/ bumbung yang disediakan oleh panitia, sebagain uang yang terkumpul akan disumbangkan kepada yatim/ piatu, fakir miskin warga sekitar yang membutuhkan.
e.    Bakti Sosial
Setiap peserta menyumbangkan buku cerita fiksi, non fiksi, buku referensi Pramuka untuk kemudiaan dibuat Perpustakaan Pramuka

f.     Senam Pramuka Jilid II
Setiap peserta wajib mengikuti kegiatan senam Pramuka Jilid II, kehadiran peserta akan dievaluasi dari tingkat kedisiplinan, partisipasi, semangat)

4.    Kegiatan Apresiasi
a.    Lomba Tapak Kemah
Peraturan
       Bahan dan perlengkapan dari peserta
       Seluruh anggota regu wajib terlibat dalam tantangan ini
       Pembina tidak boleh membantu pengerjaan pembangunan tapak kemah, hanya boleh memberikan instruksi kepada adik-adiknya
       Jika melanggar peraturan akan diberikan peringatan hingga sanksi diskualifikasi
       Waktu pengerjaan adalah 2 jam
       Penilaian tapak kemah sebanyak lima kali
       Tapak kemah harus memenuhi enam kriteria.
1)    Tata letak:
       Pembangunan tapak kemah harus rapi (layout)
       Jumlah tenda yang dibangun tidak dibatasi asalkan tidak melebihi batas tapak kemah yang telah disediakan. Pasak dan tali juga dilarang melewati batas tapak kemah.
2)    Area Tapak Kemah (Lingkungan):
       Peserta wajib menjaga kebersihan tapak kemah.
       Sampah harus ditempatkan di plastik sampah yang dibawa oleh regu masing-masing.
3)    Pengembangan fungsi area
Area tapak kemah dapat dilengkapi berbagai fasilitas tambahan yang wajib terbuat dari bahan kayu, bambu, rotan, tali, serta harus dirangkai di lokasi (pionering). Misalnya: jemuran, rak sepatu, rak piring, dll.
4)    Keamanan dan keselamatan:
       Peserta dilarang meninggalkan tenda tanpa penjagaan.
       Peserta wajib menyiapkan peralatan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).
       Setiap tapak kemah harus siap untuk segala kondisi force majeur.
       Tenda harus berdiri kokoh.
5)    Dapur atau area makan:
       Peserta wajib memasak untuk kebutuhan konsumsi regunya. Tidak diperkenankan membawa makanan langsung jadi (minimal harus melalui satu tahapan olahan. Misal: direbus atau diseduh).
       Alat memasak tertata rapi dan bersih.
6)    Kelengkapan administrasi
·         Buku tamu
·         Buku sejarah regu
·         Jadwal piket/ ploting peserta
·         Administrasi kontingen
·         Administrasi lainnya yang dibutuhkan
Penghargaan
-       tenda terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin Lima
-       tenda terbaik dua putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tiga
-       tenda terbaik tiga putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin satu

b.    Jurnalistik
Peserta                              : 1 anak/ regu
Peralatan/perlengkapan    : Kamera Digital, Laptop/Notebook, Modem
Peraturan
·         Peserta wajib mengikuti sesi Pembekalan
·         Peserta wajib membawa Peralatan/ Perlengkapan sendiri
·         Peserta melaksanakan tugas Jurnalistik dan Penilaian sebanyak 4 Sesi dengan pendampingan dari Dewan Yuri mulai dari mencari, memiliki, mengolah dan Mempublikasikan melalui media sosial
·         Setiap peserta wajib membuat satu video reportase kegiatan yang akan di uplod via cahnel youtube Kwarran Karangpucung
·         Setiap berita yang dibuat akan dupublikasikan melalui Akun Facebook dan Blog Kwarran Karangpucung, dan buletin Kegiatan
·         Proses Pengolahan dan Publikasi dilaksanakan bersama-sama pada tempat yang sudah disediakan
·         Peserta boleh bekerjasama dengan peserta lain dalam mencari, mengolah dan mempublikasikan berita tapi setiap peserta harus punya berita/ informasi yang berbeda
·         Informasi/berita yang di cari dapat berupa informasi sub kegiatan, lingkungan bupemi perkemahan, profil seseorangn dan sebagainya

Kriteria Penilaian :
·         Pretest dan Post test
·         Proses Mencari
·         Proses Mengolah
·         Proses Mempublikasikan
·         Keaktifan, Kerjasama dan Kemandirian
·         Materi Berita
·         Hasil Video reportase

c.    Lomba Cerdas Tangkas Pramuka (LCTP)
Peserta                  : 3/ regu
Sumber Materi      : Buku Boyman
Peraturan
·         Peserta mengikuti Babak Penyisihan dengan mengerjakan 45 soal secara terulis dalam waktu 80 Menit
·         Bentuk soal babak penyisihan adalah pilihan 40 pilihan ganda dan 5 jawaban singkat
·         Pada babak penyisihan akan diplih sepuluh regu terbaik untuk melanjutkan ke babak semi final
·         Peserta yang masuk ke babak semi final akan diumumkan untuk mengikuti babak berikutnya
·         Pada babak semi final peserta akan mengerjakan soal sebanyak 30 soal dengan sistem lisan tulis
·         Pada babak semi final akan dipilih 5 regu terbaik untuk melanjutkan pada babak final
·         Pada babak final peserta mengerjakan soal dengan sistem Cepat, Tepat, Tangkas terdiri dari :
Pertanyaan Wajib, Pertanyaan Lemparan, Pertanyaan Rebutan.
Penghargaan
-       Regu terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin Lima
-       Regu terbaik dua putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tiga
-       Regu terbaik tiga putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin satu

d.    Lomba Menyajikan Masakan 4 Sehat 5 Sempurna
Peserta                  : 3/ regu
Peraturan              :
·         Seluruh peserta akan dibagi kedalam 5 korwil terdiri dari
-       Korwil 1     : Karangpucung, Tayem Timur
-       Korwil 2     : Sindangbarang, Gunungtelu
-       Korwil 3     : Ciporos, Cidadap, Pangawaren
-       Korwil 4     : Surusunda, Babakan, Pamulihan
-       Korwil 5     : Tayem, Bengbulang, Ciruyung, Sidamulya
·         Setiap regu wajib menyajikan menu makanan 4 sehat 5 sempurna sesuai dengan korwil dan waktu yang sudah ditentukan panitia pada lokasi yang suda disiapkan
·         Peserta memasak ditenda masing-masing
·         Jenis sajian bebas dengan ketentuan belanja tidak melebihi Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah)
·         Peserta wajib menuliskan rincian biaya diserati dengan bukti pembayaran, jenis menu dan cara pembuatannya
·         Semua perlengkapan/peralatan disiapkan oleh peserta
·         Waktu menyajikan adalah 90 menit
·         Penilaian meliputi :
-       Proses Pengolahan dan Penyajian
-       Rasa dan Tampilan
-       Kelengkapan menu dan Biaya
-       Ketepatan waktu menyajikan
Penghargaan
-       Regu terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
-       Regu terbaik dua putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
-       Regu terbaik tiga putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
-       Regu terbaik empat putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
-       Regu terbaik lima putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu

e.    English Corner
Peserta                  : 2/ regu
Peraturan:
·         Permainan ini bertujuan untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris para peserta.
·         Peserta harus mengartikan kata Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris dan sebaliknya
·         Peserta menuliskan jawabannya pada kolom lembar jawab yang sudah disediakan sesuai dengan nomor soal
·         Bentuk kolom seperti teka teki silang
·         Peserta mengerjakan sebanyak 20 Soal
·         Setiap regu terdiri dari 2 orang.
·         Waktu pengerjaan 10 menit.
·         Kata yang diganakan adalah tentang anggota tubuh, aktifitas dirumah, aktifitas disekolah, keluarga, nama buah, nama hewan, pekerjaan.
·         Apabila ada regu dengan nilai sama untuk menentukan peringkat tertentu, peserta yang memiliki nilai sama akan mengerjakan soal cadangan
·         Penilaian
-       Setiap soal yang dijawab benar akan mendapat soal yang dijawab benar akan mendapat nilai 5 dan jika salah nol
Penghargaan
-       Regu terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
-       Regu terbaik dua putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
-       Regu terbaik tiga putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
-       Regu terbaik empat putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
-       Regu terbaik lima putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu

f.     Slide The Word (susun kata)
Peraturan:
·         Peserta harus menyusun kata yang awalnya vertikal, menjadi horizontal sesuai dengan kata awal, dengan cara menggeser setiap huruf hinga tersusun kembali menjadi kata.
·         Setiap regu terdiri dari 1 Peserta.
·         Waktu pengerjaan maksimal 2 menit
·         Penilaian :
-       Kecepatan waktu menyelesaikan
-       kebenaran
  
g.    Lomba Dai Kecil
Peserta                  : 1/ regu
Tema                     : Cinta Tanah Air
Pakaian                 : Pramuka Lengkap
Peraturan              :
·         Setiap peserta tampil sesuai dengan nomor urut undian dan memulai setelah ada aba-aba/ peluit tanda dimulai
·         Waktu tampul adalah empat sampai dengan lima menit
·         Peserta yang tampil kurang dari empat menit lebih dari lima menit akan di kurangi nilainya pada unsur penampilan
·         Penilaian meliputi :
-       Kesesuaian isi dengan tema
-       Penampilan
-       Pengusaan materi dilandasi dengan dalil/ dasar hukum
-       Penguasaan audien
Penghargaan
-       Peserta terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
-       Peserta terbaik dua putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
-       Peserta terbaik tiga putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
-       Peserta terbaik empat putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
-       Peserta terbaik lima putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu


h.    Wide Game
Peserta      : 3/ regu
Pakaian     : Kaos Lapangan Celana/Rok Pramuka

Pos Semaphore dan Yel-Yel
Peraturan :
·         Peserta menterjemahkan berita/ kata yang disampaikan oleh petugas/panitia
·         Peserta mengerjakan sebanyak lima berita
·         Setiap berita terdiri dari lima kata
·         Setiap kata betul diberi nilai 4 (empat) dan jika salah 0 (nol)
·         Peserta yang sudah selesai langsung mengumpulkan jawaban kepada panitia
·         Peserta tampil yel-yel maksimal satu menit didepan yuri untuk kemudian melanjutkan ke pos berikutnya
·         Peserta tampil sesuai dengan nomor urut undian yang diperoleh pada saat daftar ulang dolokasi kegiatan
·         Tema yel-yel bebas (yel bukan nyanyian)
·         Penilaian yel meliputi : kekompakan, semangat, gerakan, pesan

Pos Sandi dan menaksir tinggi
Sumber materi : Buku Boyman
Peraturan :
·         Peserta mengerjakan sandi yang sudah disiapakan panitia sesuai dengan undian
·         Jawaban sandi adalah perintah untuk menaksir tinggi
·         Setelah peserta menjawab sandi kemudian melaksanakan menaksir tinggi
·         Waktu pengerjaan sandi dan menaksir maksimal 10 menit
·         Penilaian :
-       Kebenaran menjawab sandi
-       Kebenaran menaksir tinggi
-       Kecepatan waktu pengerjaan

Pos Badge Challenge (Tanda dan Simbol Pramuka)
Peraturan:
·         Tujuan permainan ini untuk menguji peserta akan pengetahuan atribut pramuka.
·         Semua atribut dan manekin disediakan panitia.
·         Peserta boleh memulai permainan setelah panitia memberikan aba-aba untuk memulai.
·         Setiap regu terdiri dari 3 orang.
·         3 pemain akan bertugas menempelkan atribut dan pengertian atribut tersebut di manekin secara bergantian
·         Setiap peserta mempunyai kewajiban menempelkan tiga buah atribut dan pengertiannya.
·         Peserta akan memasang atribut pramuka dan pengertian atribut tersebut sesuai ketentuan atribut putra atau atribut putri, disesuaikan jenis regu yg bermain di sesi tersebut.
·         Waktu pengerjaan 3 menit.
·         Penilaian :
-       Atribut dan pengertian atribut benar diberi nilai 100
-       Atribut benar dan pengertian atribut salah diberi nilai 50
-       Atribut salah dan pengertian atribut benar diberi nilai 50
-       Salah semua diberi nilai nol

Pos Kompas
Sumber materi : Buku Boyman
Peraturan:
·         Permainan ini bertujuan untuk menguji pengetahuan peserta mengenai arah mata angin, pengetahuan dasar tentang kompas dan menentukan arah mata angin
·         Peserta akan mendapat 10 (sepuluh) pertanyaan dengan petunjuk yang sudah diberikan.
·         Peserta mengerjakan soal dalam waktu maksimal 5 menit
·         Penilaian : Jawaban Benar dinlai 10 (sepuluh), jawaban salah 0 (nol)

Pos Laporan Panorama
Sumber Materi      : Buku Boyman
Peraturan :
·         Peserta mengerjakan sandi yang sudah disiapkan oleh panitia
·         Jawaban sandi adalah sudut pandang atau sasaran bidik pembuatan laporan panorama
·         Setiap regu membuat Laporan Panorama berdasarkan sudut/ sasaran bidik yang sudah ditentukan menggunakan kompas yang dibawa oleh peserta
·         Penilaian :
-       Kebenaran menjawab/ menterjemahkan sandi
-       Kesesuaian laporan dengan sudut sasaran bidik
-       Hasil Akhir Laporan
Penghargaan
-       Regu terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
-       Regu terbaik dua putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
-       Regu terbaik tiga putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
-       Regu terbaik empat putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
-       Regu terbaik lima putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu

i.      Lomba Gapyak/ Bakyak
Peserta      : 4/ regu
Peraturan  :
·         Peserta membawa alat sendiri dengan ukuran panjang 1 Meter lebar menyesuaikan, dan pemasangan karet pada gapyak disesuikan dengan peserta didik sebanyak 4 buah.
·         Pada tahap pertama/ penyisihan peserta akan melaksanakan secara serentak dengan menempuh jarak 20 Meter
·         Pada tahap pertama/ penyisihan akan dipilih 10 regu Tercepat untuk masuk babak final
·         Pada babak final peserta akan melaksanakan lomba sebagaimana pada tahap penyisihan dan akan ditetapkan lima regu tercepat
·         Teknis lomba bebas
·         Peserta memulai lomba setelah ada perintah/ peluit dimulainya lomba
Penghargaan
-       Regu terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
-       Regu terbaik dua putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
-       Regu terbaik tiga putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
-       Regu terbaik empat putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
-       Regu terbaik lima putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu

j.      Lomba Kaligrafi
Peserta      : 1/ regu
Peraturan  :
·         Peserta membawa peralatan dan perlengkapan sendiri
·         Peserta membuat kaligrafi dengan memanfaatkan barang bekas seperti : cangkang telor, kardus bekas, skam padi, koran bekas, Kerang, serbuk kayu, dll sesuai dengan kreatisifitas.
·         Alas yang digunakan bisa triplek bekas, bambu, kaleng bekas, ember cat bekas dan sebagainya disesuaikan dengan kreatifitas peserta didik.
·         Jenis, bentuk, ukuran bebas
·         Peserta membuat kaligrafi dari 0 s.d 100%
·         Jenis huruf/ kata yang dibuat bebas
·         Waktu pengerjaan adalah 120 Menit
·         Penilaian :
-       Kesesuaian Huruf
-       Kreatifitas
-       Tingkat Kesulitan
-       Nilai Jual/ Ekonomis
Penghargaan
-       Peserta terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
-       Peserta terbaik dua putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
-       Peserta terbaik tiga putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
-       Peserta terbaik empat putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
-       Peserta terbaik lima putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu

k.    Lomba Balap Egrang
Peserta      : 4/ regu
Peraturan  :
·         Peserta membawa alat sendiri dengan ukuran :
-       tinggi Bambu : 1- 2 Meter
-       tinggi tempat pijakan kaki 50 CM
·         Alat terbuat dari bambu dengan diameter disesuakan dengan peserta didik
·         Tahap pertama/ penyisihan seluruh peserta melaksanakan lomba dengan sistem estafet secara bersama-sama, dimana setiap peserta menempuh jarak 10 Meter
·         Apabila alat yang dunakan patah/ rusak maka peserta di anggap gugur
·         Pada tahap penyisihan akan dipilih 10 regu tercepat untuk mengikuti babak final dengan sistem yang sama
·         Sepuluh peserta tercepat akan mengikuti babak final dan akan ditentukan 5 peserta terbaik dengan sistem sama seperti pada tahap penyisihan

Penghargaan
-       Regu terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
-       Regu terbaik dua putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
-       Regu terbaik tiga putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
-       Regu terbaik empat putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
-       Regu terbaik lima putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu

l.      Lomba Dorong Bambu
Peserta      : 4/ regu
Peraturan  :
·         Pada babak penyisihan, Peserta akan dibagi menjadi lima kelompok sesuai dengan undian
·         Setiap kelompok akan dipilih satu regu terbaik yang akan bertanding di final dengan regu terbaik dari kelompok lain
·         Sistem permainan/ lomba adalah sistem gugur
·         Peserta memasuki lapangan lomba setelah dipersilahkan oleh yuri
·         Peserta saling mendrong bambu, sehingga titik tengah bambu melewati garis tertentu
·         Peserta yang tidak bisa menahan beban lawan dinyatakan kalah setelah titik/ garis tengah melewati garis yang sudah ditetapkan.
·         Panjang bambu 10 Meter, jarak  garis tengah dengan garis pembatas bambu 50 CM


Garis Pembatas Bambu
 




Titik tengah
 


Garis Pembatas lapangan

Penghargaan
-       Regu terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
-       Regu terbaik dua putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
-       Regu terbaik tiga putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
-       Regu terbaik empat putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
-       Regu terbaik lima putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu

m.   Tim Building
Peserta      : 4/ regu
Peraturan :
·         Pada babak penyisihan Peserta akan dibagi kedalam 5 kelompok
·         Setiap kelompok akan dipilih satu regu terbaik, yang akan bertanding pada babak final dengan regu terbaik dari kelompok lain
·         Pada babak penyisihan peserta akan menyelesaikan tantangan sebagai berikut :
-       Seluruh peserta wajib terlibat
-       Peserta akan dibagikan gambar yang sudah dipotong potong
-       Tugas peserta adalah merangkai/ menggabungkan kembali gambar tersebut sehingga menjadi bentuk utuh
-       Peserta boleh memberi bantuan dengan memberikan potongan gambar kepada regu lain
-       Peserta tidak boleh meminta potongan gambar kepada regu lain
-       Waktu menyelesaikan adalah lima menit sejak peluit pertama di bunyikan
-       Regu yang berhasil merangkai gambar utuh dinyatakan sebagai juara kelompok tersebut dan masuk ke babak final
·         Pada babak final peserta akan diberi tantangan sebagai berikut :
-       Seluruh anggota regu wajib ikut bermain.
-       Setiap regu akan mendapatkan 5 bola beserta nomer nya, dan regu wajib memasukkan bola di dalam lobang yang sesuai dengan nomer bola tersebut dalam waktu tiga menit

Penghargaan
-       Regu terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
-       Regu terbaik dua putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
-       Regu terbaik tiga putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
-       Regu terbaik empat putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
-       Regu terbaik lima putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu

n.    Lomba Pionering
Peserta      : 4/ regu
Peraturan  :
·         Setiap regu membuat gapura mengunakan 10 tongkat Pramuka dalam waktu Maksimal 30 Menit
·         Peserta mengerjakan tugas setelah ada perintah/ peluit berbunyi
·         Jenis dan bentuk gapura bebas
·         Peserta tidak boleh memotong tali
·         Peserta harus bisa menjelaskan jenis simpul dan fungsinya
·         Tongkat yang digunakan tidak boleh kurang atau lebih dari 10
·         Panjang tongkat 160 CM
·         Banyaknya tali dan simpul yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan
·         Penilaian :
-       Kreatifitas
-       Kebenaran simpul
-       Kekuatan
-       Kerapihan
-       Kecepatan waktu penyelesaian
-       Penjelasan jenis dan fungsi simpul
Penghargaan
-       Regu terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
-       Regu terbaik dua putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
-       Regu terbaik tiga putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
-       Regu terbaik empat putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
-       Regu terbaik lima putera/puteri akan mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu

F.    LAIN-LAIN
·         Penentuan Regu Tergiat Putera dan Puteri berdasarkan Jumlah Poin dan atau medali yang diperoleh
·         Jika ada regu dengan jumlah poin/ medali yang sama untuk menentukan kejuaraan ditentukan dengan penilaian tapak kemah dan kelengkapan administrasi regu

G.   PENUTUP

Demikian draft kegiatan gelar manajemen prestasi pramuka penggalang (Gemilang) Tahun 2017 dalam rangka memperingati hari Pramuka Tahun 2017 sebagai acuan atas kegiatan yang akan dilaksanakan.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Subscribe Chanel Youtube Kami Untuk Info Terbaru.
Subscribe