DRAFT
KEGIATAN
GELAR MANAJEMEN PRESTASI PRAMUKA
PENGGALANG (GEMILANG)
PANGKALAN SD/MI TAHUN 2017
TINGKAT KWARTIR
RANTING 110113 KARANGPUCUNG
A. DASAR PENYELENGGARAAN
1. Undang Undang Nomor 12 Tahun 2010
Tentang Gerakan Pramuka
2. AD/ART Gerakan Pramuka
3. Program kerja Kwartir ranting 110113
Karangpucung
B. MOTTO DAN TEMA
1. Motto :
Satyaku KuDharmakan Dharmaku KuBhaktikan
2. Tema :
Gembira, Bersahabat, Berkarakter dan Berprestasi
C. PELAKSANAAN
1. Hari :
Jumat s.d Minggu
2. Tanggal : 4 s.d 6 Agustus 2017
3. Tempat :
opsi 1 : Lapangan Purbayasa, Opsi Lainnya : ..................
D. KONTINGEN GUDEP
1. Setiap kontingen mengirimkan dua regu
(1 Regu Putera dan 1 Regu Puteri)
2. Setiap Regu terdiri dari 10 (sepuluh)
anggota, tidak boleh lebih
3. Regu putera didampingi oleh 1 orang
Pembina Putera boleh membawa 1 Pembantu Pembina
4. Regu puteri didampingi oleh 1 orang
Pembina Puteri boleh membawa 1 Pembantu Pembina
5. Peserta adalah Pramuka Penggalang Ramu
dan Sudah dilantik dibuktikan dengan Foto Copy Buku SKU Penggalang dan Surat
Tanda Lulus Ujian SKU Penggalang Ramu
6. Setiap regu wajib membawa dan
menyerahkan bambu dengan ukuran panjang 3 Meter dan diameter bambu menyesuaikan
degan pegangan tangan peserta didik (tiang bendera) di cat dengan warna putih,
diserahkan pada saat pendaftaran ulang.
7. Setiap regu wajib melengkapi berkas
administrasi, yaitu terdiri dari :
a. Form kesediaan Gudep
b. Biodata Bindamping dan Peserta
c. Sejarah Regu
d. Copy SK Nomor Gudep
e. Copy SK Pengurus Mabigus yang berlaku
f. Sejarah Regu
E. MATERI KEGIATAN
1. Kegiatan Rutin
a. Upacara Pembukaan dan Upacara
Penutupan
b. Apel Pagi dan Apel Sore
c. Upacara Api Unggun
2. Kegiatan Pembinaan Anggota Dewasa
a. Karangpamitran
- Seluruh Pembina Pendamping wajib
mengikuti Karangpamitra Pembina Pramuka Penggalang SD/MI
- Sosialisasi UU Perlindungan Anak dan
Perda Perlindungan Anak
3. Kegiatan Sosial, Agama dan
Persahabatan
a. Ibadah/ Sholat
Peserta menjalankan kegiatan keagaam
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing
b. Pentas Seni
Setiap Korwil Gudep akan menampilkan/
mengirimkan dua macam tampilan/ perwakilan untuk menampilkan seni budaya dapat
berupa tari dareah, tari modern, nyanyi dll.
c. Fun Out Bound
Peserta akan mendapatkan kegiatan
dialam terbuka yang asik, menyenangkan dan membangun persaudaraan dalam bentuk
outbound
d. Bumbung Pramuka Peduli
Setiap peserta menyumbangkan dana nya
sebesar Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) kedalam kotak/ bumbung yang disediakan
oleh panitia, sebagain uang yang terkumpul akan disumbangkan kepada yatim/
piatu, fakir miskin warga sekitar yang membutuhkan.
e. Bakti Sosial
Setiap peserta menyumbangkan buku
cerita fiksi, non fiksi, buku referensi Pramuka untuk kemudiaan dibuat
Perpustakaan Pramuka
f. Senam Pramuka Jilid II
Setiap peserta wajib mengikuti
kegiatan senam Pramuka Jilid II, kehadiran peserta akan dievaluasi dari tingkat
kedisiplinan, partisipasi, semangat)
4. Kegiatan Apresiasi
a. Lomba Tapak Kemah
Peraturan
• Bahan dan perlengkapan dari peserta
• Seluruh anggota regu wajib terlibat
dalam tantangan ini
• Pembina tidak boleh membantu
pengerjaan pembangunan tapak kemah, hanya boleh memberikan instruksi kepada
adik-adiknya
• Jika melanggar peraturan akan
diberikan peringatan hingga sanksi diskualifikasi
• Waktu pengerjaan adalah 2 jam
• Penilaian tapak kemah sebanyak lima
kali
• Tapak kemah harus memenuhi enam
kriteria.
1) Tata letak:
• Pembangunan tapak kemah harus rapi
(layout)
• Jumlah tenda yang dibangun tidak
dibatasi asalkan tidak melebihi batas tapak kemah yang telah disediakan. Pasak
dan tali juga dilarang melewati batas tapak kemah.
2) Area Tapak Kemah (Lingkungan):
• Peserta wajib menjaga kebersihan tapak
kemah.
• Sampah harus ditempatkan di plastik
sampah yang dibawa oleh regu masing-masing.
3) Pengembangan fungsi area
Area tapak kemah dapat dilengkapi
berbagai fasilitas tambahan yang wajib terbuat dari bahan kayu, bambu, rotan,
tali, serta harus dirangkai di lokasi (pionering). Misalnya: jemuran, rak
sepatu, rak piring, dll.
4) Keamanan dan keselamatan:
• Peserta dilarang meninggalkan tenda
tanpa penjagaan.
• Peserta wajib menyiapkan peralatan P3K
(Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).
• Setiap tapak kemah harus siap untuk
segala kondisi force majeur.
• Tenda harus berdiri kokoh.
5) Dapur atau area makan:
• Peserta wajib memasak untuk kebutuhan
konsumsi regunya. Tidak diperkenankan membawa makanan langsung jadi (minimal
harus melalui satu tahapan olahan. Misal: direbus atau diseduh).
• Alat memasak tertata rapi dan bersih.
6) Kelengkapan administrasi
·
Buku
tamu
·
Buku
sejarah regu
·
Jadwal
piket/ ploting peserta
·
Administrasi
kontingen
·
Administrasi
lainnya yang dibutuhkan
Penghargaan
- tenda terbaik satu putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin Lima
- tenda terbaik dua putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tiga
- tenda terbaik tiga putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin satu
b. Jurnalistik
Peserta : 1 anak/ regu
Peralatan/perlengkapan : Kamera Digital, Laptop/Notebook, Modem
Peraturan
·
Peserta
wajib mengikuti sesi Pembekalan
·
Peserta
wajib membawa Peralatan/ Perlengkapan sendiri
·
Peserta
melaksanakan tugas Jurnalistik dan Penilaian sebanyak 4 Sesi dengan
pendampingan dari Dewan Yuri mulai dari mencari, memiliki, mengolah dan
Mempublikasikan melalui media sosial
·
Setiap
peserta wajib membuat satu video reportase kegiatan yang akan di uplod via
cahnel youtube Kwarran Karangpucung
·
Setiap
berita yang dibuat akan dupublikasikan melalui Akun Facebook dan Blog Kwarran
Karangpucung, dan buletin Kegiatan
·
Proses
Pengolahan dan Publikasi dilaksanakan bersama-sama pada tempat yang sudah
disediakan
·
Peserta
boleh bekerjasama dengan peserta lain dalam mencari, mengolah dan
mempublikasikan berita tapi setiap peserta harus punya berita/ informasi yang
berbeda
·
Informasi/berita
yang di cari dapat berupa informasi sub kegiatan, lingkungan bupemi perkemahan,
profil seseorangn dan sebagainya
Kriteria Penilaian :
·
Pretest
dan Post test
·
Proses
Mencari
·
Proses
Mengolah
·
Proses
Mempublikasikan
·
Keaktifan,
Kerjasama dan Kemandirian
·
Materi
Berita
·
Hasil
Video reportase
c. Lomba Cerdas Tangkas Pramuka (LCTP)
Peserta : 3/ regu
Sumber Materi : Buku Boyman
Peraturan
·
Peserta
mengikuti Babak Penyisihan dengan mengerjakan 45 soal secara terulis dalam
waktu 80 Menit
·
Bentuk
soal babak penyisihan adalah pilihan 40 pilihan ganda dan 5 jawaban singkat
·
Pada
babak penyisihan akan diplih sepuluh regu terbaik untuk melanjutkan ke babak
semi final
·
Peserta
yang masuk ke babak semi final akan diumumkan untuk mengikuti babak berikutnya
·
Pada
babak semi final peserta akan mengerjakan soal sebanyak 30 soal dengan sistem
lisan tulis
·
Pada
babak semi final akan dipilih 5 regu terbaik untuk melanjutkan pada babak final
·
Pada
babak final peserta mengerjakan soal dengan sistem Cepat, Tepat, Tangkas
terdiri dari :
Pertanyaan Wajib, Pertanyaan Lemparan,
Pertanyaan Rebutan.
Penghargaan
- Regu terbaik satu putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin Lima
- Regu terbaik dua putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tiga
- Regu terbaik tiga putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin satu
d. Lomba Menyajikan Masakan 4 Sehat 5
Sempurna
Peserta : 3/ regu
Peraturan :
·
Seluruh
peserta akan dibagi kedalam 5 korwil terdiri dari
- Korwil 1 : Karangpucung, Tayem Timur
- Korwil 2 : Sindangbarang, Gunungtelu
- Korwil 3 : Ciporos, Cidadap, Pangawaren
- Korwil 4 : Surusunda, Babakan, Pamulihan
- Korwil 5 : Tayem, Bengbulang, Ciruyung, Sidamulya
·
Setiap
regu wajib menyajikan menu makanan 4 sehat 5 sempurna sesuai dengan korwil dan
waktu yang sudah ditentukan panitia pada lokasi yang suda disiapkan
·
Peserta
memasak ditenda masing-masing
·
Jenis
sajian bebas dengan ketentuan belanja tidak melebihi Rp. 100.000,- (seratus
ribu rupiah)
·
Peserta
wajib menuliskan rincian biaya diserati dengan bukti pembayaran, jenis menu dan
cara pembuatannya
·
Semua
perlengkapan/peralatan disiapkan oleh peserta
·
Waktu
menyajikan adalah 90 menit
·
Penilaian
meliputi :
- Proses Pengolahan dan Penyajian
- Rasa dan Tampilan
- Kelengkapan menu dan Biaya
- Ketepatan waktu menyajikan
Penghargaan
- Regu terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan
satu Pin Emas dengan Poin sembilan
- Regu terbaik dua putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
- Regu terbaik tiga putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
- Regu terbaik empat putera/puteri akan mendapatkan
satu Pin Hijau dengan Poin tiga
- Regu terbaik lima putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu
e. English Corner
Peserta : 2/ regu
Peraturan:
·
Permainan
ini bertujuan untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris para peserta.
·
Peserta
harus mengartikan kata Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris dan sebaliknya
·
Peserta
menuliskan jawabannya pada kolom lembar jawab yang sudah disediakan sesuai
dengan nomor soal
·
Bentuk
kolom seperti teka teki silang
·
Peserta mengerjakan sebanyak 20 Soal
·
Setiap regu terdiri dari 2 orang.
·
Waktu pengerjaan 10 menit.
·
Kata yang diganakan adalah tentang anggota tubuh, aktifitas dirumah,
aktifitas disekolah, keluarga, nama buah, nama hewan, pekerjaan.
·
Apabila ada regu dengan nilai sama untuk menentukan peringkat
tertentu, peserta yang memiliki nilai sama akan mengerjakan soal cadangan
·
Penilaian
-
Setiap soal yang dijawab benar akan mendapat soal yang dijawab
benar akan mendapat nilai 5 dan jika salah nol
Penghargaan
- Regu terbaik satu putera/puteri akan mendapatkan
satu Pin Emas dengan Poin sembilan
- Regu terbaik dua putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
- Regu terbaik tiga putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
- Regu terbaik empat putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
- Regu terbaik lima putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu
f. Slide The Word (susun kata)
Peraturan:
·
Peserta
harus menyusun kata yang awalnya vertikal, menjadi horizontal sesuai dengan
kata awal, dengan cara menggeser setiap huruf hinga tersusun kembali menjadi
kata.
·
Setiap
regu terdiri dari 1 Peserta.
·
Waktu
pengerjaan maksimal 2 menit
·
Penilaian
:
- Kecepatan waktu menyelesaikan
- kebenaran
g. Lomba Dai Kecil
Peserta : 1/ regu
Tema :
Cinta Tanah Air
Pakaian : Pramuka Lengkap
Peraturan :
·
Setiap
peserta tampil sesuai dengan nomor urut undian dan memulai setelah ada aba-aba/
peluit tanda dimulai
·
Waktu
tampul adalah empat sampai dengan lima menit
·
Peserta
yang tampil kurang dari empat menit lebih dari lima menit akan di kurangi
nilainya pada unsur penampilan
·
Penilaian
meliputi :
- Kesesuaian isi dengan tema
- Penampilan
- Pengusaan materi dilandasi dengan
dalil/ dasar hukum
- Penguasaan audien
Penghargaan
- Peserta terbaik satu putera/puteri
akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
- Peserta terbaik dua putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
- Peserta terbaik tiga putera/puteri
akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
- Peserta terbaik empat putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
- Peserta terbaik lima putera/puteri
akan mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu
h. Wide Game
Peserta : 3/ regu
Pakaian : Kaos Lapangan Celana/Rok Pramuka
Pos Semaphore dan Yel-Yel
Peraturan :
·
Peserta
menterjemahkan berita/ kata yang disampaikan oleh petugas/panitia
·
Peserta
mengerjakan sebanyak lima berita
·
Setiap
berita terdiri dari lima kata
·
Setiap
kata betul diberi nilai 4 (empat) dan jika salah 0 (nol)
·
Peserta
yang sudah selesai langsung mengumpulkan jawaban kepada panitia
·
Peserta
tampil yel-yel maksimal satu menit didepan yuri untuk kemudian melanjutkan ke
pos berikutnya
·
Peserta
tampil sesuai dengan nomor urut undian yang diperoleh pada saat daftar ulang
dolokasi kegiatan
·
Tema
yel-yel bebas (yel bukan nyanyian)
·
Penilaian
yel meliputi : kekompakan, semangat, gerakan, pesan
Pos Sandi dan menaksir tinggi
Sumber materi : Buku Boyman
Peraturan :
·
Peserta
mengerjakan sandi yang sudah disiapakan panitia sesuai dengan undian
·
Jawaban
sandi adalah perintah untuk menaksir tinggi
·
Setelah
peserta menjawab sandi kemudian melaksanakan menaksir tinggi
·
Waktu
pengerjaan sandi dan menaksir maksimal 10 menit
·
Penilaian
:
- Kebenaran menjawab sandi
- Kebenaran menaksir tinggi
- Kecepatan waktu pengerjaan
Pos Badge Challenge (Tanda dan Simbol
Pramuka)
Peraturan:
·
Tujuan
permainan ini untuk menguji peserta akan pengetahuan atribut pramuka.
·
Semua
atribut dan manekin disediakan panitia.
·
Peserta
boleh memulai permainan setelah panitia memberikan aba-aba untuk memulai.
·
Setiap
regu terdiri dari 3 orang.
·
3
pemain akan bertugas menempelkan atribut dan pengertian atribut tersebut di
manekin secara bergantian
·
Setiap
peserta mempunyai kewajiban menempelkan tiga buah atribut dan pengertiannya.
·
Peserta
akan memasang atribut pramuka dan pengertian atribut tersebut sesuai ketentuan
atribut putra atau atribut putri, disesuaikan jenis regu yg bermain di sesi
tersebut.
·
Waktu
pengerjaan 3 menit.
·
Penilaian
:
- Atribut dan pengertian atribut benar
diberi nilai 100
- Atribut benar dan pengertian atribut
salah diberi nilai 50
- Atribut salah dan pengertian atribut
benar diberi nilai 50
- Salah semua diberi nilai nol
Pos Kompas
Sumber materi : Buku Boyman
Peraturan:
·
Permainan
ini bertujuan untuk menguji pengetahuan peserta mengenai arah mata angin, pengetahuan
dasar tentang kompas dan menentukan arah mata angin
·
Peserta
akan mendapat 10 (sepuluh) pertanyaan dengan petunjuk yang sudah diberikan.
·
Peserta
mengerjakan soal dalam waktu maksimal 5 menit
·
Penilaian
: Jawaban Benar dinlai 10 (sepuluh), jawaban salah 0 (nol)
Pos Laporan Panorama
Sumber Materi : Buku Boyman
Peraturan :
·
Peserta
mengerjakan sandi yang sudah disiapkan oleh panitia
·
Jawaban
sandi adalah sudut pandang atau sasaran bidik pembuatan laporan panorama
·
Setiap
regu membuat Laporan Panorama berdasarkan sudut/ sasaran bidik yang sudah
ditentukan menggunakan kompas yang dibawa oleh peserta
·
Penilaian
:
- Kebenaran menjawab/ menterjemahkan
sandi
- Kesesuaian laporan dengan sudut
sasaran bidik
- Hasil Akhir Laporan
Penghargaan
- Regu terbaik satu putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
- Regu terbaik dua putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
- Regu terbaik tiga putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
- Regu terbaik empat putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
- Regu terbaik lima putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu
i. Lomba Gapyak/ Bakyak
Peserta : 4/ regu
Peraturan :
·
Peserta
membawa alat sendiri dengan ukuran panjang 1 Meter lebar menyesuaikan, dan
pemasangan karet pada gapyak disesuikan dengan peserta didik sebanyak 4 buah.
·
Pada
tahap pertama/ penyisihan peserta akan melaksanakan secara serentak dengan
menempuh jarak 20 Meter
·
Pada
tahap pertama/ penyisihan akan dipilih 10 regu Tercepat untuk masuk babak final
·
Pada
babak final peserta akan melaksanakan lomba sebagaimana pada tahap penyisihan
dan akan ditetapkan lima regu tercepat
·
Teknis
lomba bebas
·
Peserta
memulai lomba setelah ada perintah/ peluit dimulainya lomba
Penghargaan
- Regu terbaik satu putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
- Regu terbaik dua putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
- Regu terbaik tiga putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
- Regu terbaik empat putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
- Regu terbaik lima putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu
j. Lomba Kaligrafi
Peserta : 1/ regu
Peraturan :
·
Peserta
membawa peralatan dan perlengkapan sendiri
·
Peserta
membuat kaligrafi dengan memanfaatkan barang bekas seperti : cangkang telor,
kardus bekas, skam padi, koran bekas, Kerang, serbuk kayu, dll sesuai dengan
kreatisifitas.
·
Alas
yang digunakan bisa triplek bekas, bambu, kaleng bekas, ember cat bekas dan
sebagainya disesuaikan dengan kreatifitas peserta didik.
·
Jenis,
bentuk, ukuran bebas
·
Peserta
membuat kaligrafi dari 0 s.d 100%
·
Jenis
huruf/ kata yang dibuat bebas
·
Waktu
pengerjaan adalah 120 Menit
·
Penilaian
:
- Kesesuaian Huruf
- Kreatifitas
- Tingkat Kesulitan
- Nilai Jual/ Ekonomis
Penghargaan
- Peserta terbaik satu putera/puteri
akan mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
- Peserta terbaik dua putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
- Peserta terbaik tiga putera/puteri
akan mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
- Peserta terbaik empat putera/puteri
akan mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
- Peserta terbaik lima putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu
k. Lomba Balap Egrang
Peserta : 4/ regu
Peraturan :
·
Peserta
membawa alat sendiri dengan ukuran :
- tinggi Bambu : 1- 2 Meter
- tinggi tempat pijakan kaki 50 CM
·
Alat
terbuat dari bambu dengan diameter disesuakan dengan peserta didik
·
Tahap
pertama/ penyisihan seluruh peserta melaksanakan lomba dengan sistem estafet
secara bersama-sama, dimana setiap peserta menempuh jarak 10 Meter
·
Apabila
alat yang dunakan patah/ rusak maka peserta di anggap gugur
·
Pada
tahap penyisihan akan dipilih 10 regu tercepat untuk mengikuti babak final
dengan sistem yang sama
·
Sepuluh
peserta tercepat akan mengikuti babak final dan akan ditentukan 5 peserta
terbaik dengan sistem sama seperti pada tahap penyisihan
Penghargaan
- Regu terbaik satu putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
- Regu terbaik dua putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
- Regu terbaik tiga putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
- Regu terbaik empat putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
- Regu terbaik lima putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu
l. Lomba Dorong Bambu
Peserta : 4/ regu
Peraturan :
·
Pada
babak penyisihan, Peserta akan dibagi menjadi lima kelompok sesuai dengan
undian
·
Setiap
kelompok akan dipilih satu regu terbaik yang akan bertanding di final dengan
regu terbaik dari kelompok lain
·
Sistem
permainan/ lomba adalah sistem gugur
·
Peserta
memasuki lapangan lomba setelah dipersilahkan oleh yuri
·
Peserta
saling mendrong bambu, sehingga titik tengah bambu melewati garis tertentu
·
Peserta
yang tidak bisa menahan beban lawan dinyatakan kalah setelah titik/ garis
tengah melewati garis yang sudah ditetapkan.
·
Panjang
bambu 10 Meter, jarak garis tengah dengan
garis pembatas bambu 50 CM
Garis Pembatas Bambu
Titik tengah
Garis Pembatas lapangan
Penghargaan
- Regu terbaik satu putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
- Regu terbaik dua putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
- Regu terbaik tiga putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
- Regu terbaik empat putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
- Regu terbaik lima putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu
m. Tim Building
Peserta : 4/ regu
Peraturan :
·
Pada
babak penyisihan Peserta akan dibagi kedalam 5 kelompok
·
Setiap
kelompok akan dipilih satu regu terbaik, yang akan bertanding pada babak final
dengan regu terbaik dari kelompok lain
·
Pada
babak penyisihan peserta akan menyelesaikan tantangan sebagai berikut :
- Seluruh peserta wajib terlibat
- Peserta akan dibagikan gambar yang
sudah dipotong potong
- Tugas peserta adalah merangkai/
menggabungkan kembali gambar tersebut sehingga menjadi bentuk utuh
- Peserta boleh memberi bantuan dengan
memberikan potongan gambar kepada regu lain
- Peserta tidak boleh meminta potongan
gambar kepada regu lain
- Waktu menyelesaikan adalah lima menit
sejak peluit pertama di bunyikan
- Regu yang berhasil merangkai gambar utuh
dinyatakan sebagai juara kelompok tersebut dan masuk ke babak final
·
Pada
babak final peserta akan diberi tantangan sebagai berikut :
- Seluruh anggota regu wajib
ikut bermain.
- Setiap regu akan
mendapatkan 5 bola beserta nomer nya, dan regu wajib memasukkan bola di dalam
lobang yang sesuai dengan nomer bola tersebut dalam waktu tiga menit
Penghargaan
- Regu terbaik satu putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
- Regu terbaik dua putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
- Regu terbaik tiga putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
- Regu terbaik empat putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
- Regu terbaik lima putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu
n. Lomba Pionering
Peserta : 4/ regu
Peraturan :
·
Setiap
regu membuat gapura mengunakan 10 tongkat Pramuka dalam waktu Maksimal 30 Menit
·
Peserta
mengerjakan tugas setelah ada perintah/ peluit berbunyi
·
Jenis
dan bentuk gapura bebas
·
Peserta
tidak boleh memotong tali
·
Peserta
harus bisa menjelaskan jenis simpul dan fungsinya
·
Tongkat
yang digunakan tidak boleh kurang atau lebih dari 10
·
Panjang
tongkat 160 CM
·
Banyaknya
tali dan simpul yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan
·
Penilaian
:
- Kreatifitas
- Kebenaran simpul
- Kekuatan
- Kerapihan
- Kecepatan waktu penyelesaian
- Penjelasan jenis dan fungsi simpul
Penghargaan
- Regu terbaik satu putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Emas dengan Poin sembilan
- Regu terbaik dua putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perak dengan Poin tujuh
- Regu terbaik tiga putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Perunggu dengan Poin lima
- Regu terbaik empat putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Hijau dengan Poin tiga
- Regu terbaik lima putera/puteri akan
mendapatkan satu Pin Putih dengan Poin satu
F. LAIN-LAIN
·
Penentuan
Regu Tergiat Putera dan Puteri berdasarkan Jumlah Poin dan atau medali yang
diperoleh
·
Jika
ada regu dengan jumlah poin/ medali yang sama untuk menentukan kejuaraan ditentukan
dengan penilaian tapak kemah dan kelengkapan administrasi regu
G. PENUTUP
Demikian draft kegiatan gelar
manajemen prestasi pramuka penggalang (Gemilang) Tahun 2017 dalam rangka
memperingati hari Pramuka Tahun 2017 sebagai acuan atas kegiatan yang akan
dilaksanakan.