DRAFT KEGIATAN JAMBORE RANTING TAHUN 2017 PRAMUKA PENGGALANG SMP/MTs - Kwarran Karangpucung | Situs Resmi Kwarran Karangpucung Cilacap Jawa Tengah
News Update
Loading...

Sunday, June 4, 2017

DRAFT KEGIATAN JAMBORE RANTING TAHUN 2017 PRAMUKA PENGGALANG SMP/MTs

DRAFT KEGIATAN JAMBORE RANTING TAHUN 2017
PRAMUKA PENGGALANG SMP/MTs
TINGKAT KWARTIR RANTING 110113 KARANGPUCUNG
8 S.D 10 AGUSTUS 2017

A.    DASAR PENYELENGGARAAN
1.    Undang Undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka
2.    AD/ART Gerakan Pramuka
3.    Program kerja Kwartir ranting 110113 Karangpucung Tahun 2017

B.    MOTTO DAN TEMA
1.    Motto               : Satyaku KuDharmakan Dharmaku KuBhaktikan
2.    Tema               : Gembira, Bersahabat dan Berkarakter

C.   PELAKSANAAN
1.    Hari                 : Selasa s.d Kamis
2.    Tanggal           : 8 s.d 10 Agustus 2017
3.    Tempat            : Opsi 1 : Lapangan Kawungcarang Desa Pangawaren
  Opsi Lainnya : ..................
D.   KONTINGEN GUDEP
1.    Setiap kontingen/pangkalan mengirimkan dua regu (1 Regu Putera dan 1 Regu Puteri)
2.    Setiap Regu terdiri dari 10 (sepuluh) anggota tidak boleh lebih
3.    Regu putera didampingi oleh 1 orang Pembina Putera boleh membawa 1 Pembantu Pembina
4.    Regu puteri didampingi oleh 1 orang Pembina Puteri boleh membawa 1 Pembantu Pembina
5.    Peserta adalah Pramuka Penggalang minimal sudah dilantik sebagai Penggalang Rakit dibuktkan dengan menunjukan buku SKU dan Surat Tanda Lulus Uji SKU Penggalang Rakit.
6.    Ketua Regu atau minimal salah satu anggota Regu sudah dilantik/ dikukuhkan/ sedang menempuh Syarat Pramuka Penggalang Garuda (SPG) dibuktikan foto Copy Buku SKU, Foto Copy Buku SKK dan Copy Lembar SPG.
7.    Setiap regu wajib membawa dan menyerahkan bambu dengan ukuran panjang 3 Meter dan diameter bambu menyesuaikan degan pegangan tangan peserta didik (tiang bendera) di cat dengan warna putih, diserahkan pada saat pendaftaran ulang.
8.    Setiap regu wajib melengkapi berkas administrasi dan dijilid rapih dengan cover warna merah untuk regu putera dan warna hijau untuk regu puteri, yaitu terdiri dari :
a.    Form kesediaan Gudep
b.    Biodata Bindamping dan Peserta
c.    Copy KTA Pramuka yang masih berlaku
d.    Copy SKU,SKK,SPG, Buku Tabungan
e.    Copy SK Nomor Gudep
f.     Copy SK Pengurus Mabigus yang berlaku
g.    Sejarah Regu

E.    MATERI KEGIATAN
1.    GIAT PETUALANGAN
Peserta                  : 5/regu
Pakaian                 : Kaos Lapangan, Celana/Rok Pramuka, Scraft, Topi, dll
Perlengkapan        : Alat Tulis (Kertas HVS, Pensil, Penghapus,dll)
Lain                       : Membawa bekal/ snack ringan
Peraturan  :
-          Peserta akan dicampur dengan peserta lain dari regu yang berbeda (dalam satu regu tidak boleh ada peserta dari satu pangkalan)
-          Dalam satu regu terdiri dari 5 orang dari Pangkalan yang berbeda
-          Setiap regu akan melewati rute yang sudah disiapkan oleh panitia
-          Untuk mencapai pos-pos tertentu peserta/regu harus mampu memecahkan/ menyelesaikan tantangan dan membaca peta serta tanda-tanda jejak yang sudah dibuat.
-          Tantangan yang diberikan bisa berupa bermain peran, sandi dan puzzle.
-          Penilaian dilakukan secara individu dan kelompok/ tim
-          Setiap peserta wajib mengenakan nomor dada dan tanda peserta giat petualangan yang sudah disiapkan panitia
-          Ketentuan nomor Dada adalah nomor urut Peserta (A,B,C,D,E) di pasang di Dada
-          Ketentuan nomor tanda peserta adalah nomor urut regu (1 s.d 14) di pasang di Punggung



-         

Ofer Peran : 70-85
Berperan aktif : 85-100
Tidak Berperan : 55-70
Evaluasi :
1)    Pengetahuan         : 20 %
2)    Ketrampilan           : 20 %
3)    Tim Work              : 40 %
4)    Sikap                     : 20 %

-          Apresiasi
Peserta yang mencapai nilai 90 s.d 100 akan mendapatkan satu buah pin emas/ piagam penghargaan

-          Materi Giat Petualangan yang akan dilalui :
a.    SURVIVAL (20%)
Setiap regu akan di uji kemampuannya secara individu dan kelompok dalam menyelesaikan materi baik teori ataupun praktek sesuai petunjuk evaluator, dengan materi sebagai berikut :
-          Membuat Tenda darurat/ Bivoak (Praktek)
-          Teknik menghemat tenaga (Teori)
-          Mendapatkan air (Praktek)
-          Bahan-bahan survival (Teori)

b.    KIM (KEMAMPUAN INDERA MANUSIA) (10%)
-          Setiap regu akan di uji kemampuan 5 inderanya dengan berbagai permainan yang sudah disiapkan oleh panitia/ evaluator
-          Setiap regu melaksanakan tugas setelah mendapat arahan/ petunjuk dari evaluator

c.    HALANG RINTANG (30%)
·         Peserta akan melalui halang rintang secara terus menerus, jika pada halang tertentu gagal maka peserta dianggap gugur pada materi tersebut
·         Setiap peserta yang berhasil melalui halang rintang tersebut akan memperoleh poin 25 untuk setiap peserta dan halang rintang yang dilalui
·         Materi halang rintang yaitu sebagai berikut :
-          Meniti Bambu

-          Naik bambu







-          Lorong ban

-          Jembatan Goyang

d.    SIGNS AND TRACKING  (20%)
Peserta akan diuji secara teori dan Praktek dalam membuat :
-          Tanda jejak
-          Mencari jejak
e.    PANORAMA (SKETSA PRAMUKA) (20%)
Peserta akan diuji dalam pembuatan :
-          Laporan Panorama

2.    GIAT PENTAS SENI BUDAYA
a.    PIDATO NGAPAK-NGAPAK CILACAP
Peserta                        : 1/ regu
Tema Pidato               : Empal Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara 
Materi                          : Bebas sesuai dengan tema 
Pakaian                       : Seragam Pramuka Lengkap (SPL)
Peraturan                    :
-          Peserta tampil sesuai dengan nomor urut undian pada saat daftar ulang dilokasi pentas
-          Peserta yang dipanggil lebih dari tiga kali akan ditampilkan pada dua nomor berikutnya
-          Peserta memulai penampilan setelah dipersilahkan oleh panitia/ tim evalusi
-          Bahasa yang digunakan adalah bahasa jawa khas cilacap (ngapak)
-          Waktu tampil 7 s.d 8 Menit dihitung sejak panitia/ tim evaluasi membunyikan peluitnya
Evaluasi                      :
-          Kesesuaian isi materi dengan tema yang disampaikan   : 20%
-          Penampilan dan Penguasaan panggung                          : 20%
-          Ketepatan Waktu                                                              : 20%
-          Penguasaan Materi/ Tata Bahasa dan Pelafalan : 40%
Apresiasi                     :
Peserta yang mendapatkan skor 99 s.d 100 akan mendapatkan 1 buah pin emas/ piagam penghargaan





b.    STAND UP COMEDY NGAPAK-NGAPAK CILACAP
Peserta                        : 1/ regu
Tema                           : Empal Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara 
Materi                          : Bebas sesuai dengan tema             
Pakaian                       : Seragam Pramuka Lengkap (SPL)
Peraturan                    :
-          Peserta tampil sesuai dengan nomor urut undian pada saat daftar ulang dilokasi pentas
-          Peserta yang dipanggil lebih dari tiga kali akan ditampilkan pada dua nomor berikutnya
-          Peserta memulai penampilan setelah dipersilahkan oleh panitia/ tim evalusi
-          Bahasa yang digunakan adalah bahasa jawa khas cilacap (ngapak)
-          Waktu tampil 7 s.d 10 Menit dihitung sejak panitia/ tim evaluasi membunyikan peluitnya
Evaluasi                      :
-          Kesesuaian isi materi dengan tema yang disampaikan   : 20%
-          Penampilan dan Penguasaan panggung                          : 20%
-          Ketepatan Waktu                                                              : 20%
-          Penguasaan Materi/ Tata Bahasa dan Pelafalan : 40%
Apresiasi                     :
Peserta yang mendapatkan skor 90 s.d 100 akan mendapatkan 1 buah pin emas/ piagam penghargaan
3.    GIAT GEBYAR JAMBORE RANTING
a.    DRESS CODE BARANG BEKAS
Hari/ Tanggal              :
Waktu                          : 13.00 WIB s.d 15.00 WIB
Peserta                        : 1/ regu
Pakaian                       : Pakaian Berbahan Barang-Barang bekas
Peraturan                    :
·         Pra Kegiatan
-          Peserta membuat pakaian dengan bahan dari barang bekas
-          Peserta membuat pakaian di pangkalan masing-masing atau diselesaikan di lokasi perkemahan jika belum selesai

·         Pada saat kegiatan
-          Setiap regu menugaskan satu orang untuk mengenakan pakaian yang sudah dibuat untuk kemudian dijadikan maskot pada saat gebyar Jambore Ranting
-          Peserta merias pakaian dan menghias maskot tersebut dalam waktu maksimal 60 Menit dimulai pukul 13.00 s.d 13.30 WIB pada tempat yang sudah disiakan dibantu oleh 2 anggota lainnya
-          Setelah selesai peserta akan masuk sesi catwalk dan presentasi, sesuai dengan nomor undian pada saat daftar ulang dilokasi kegiatan
-          Setelah selesai sesi catwalk peserta akan mengikuti parade/ gebyar musik non elektronik sebagai maskot
·         Evaluasi
-          Tata Rias dan Busana                        : 20 %
-          Pengetahuan dan Kecakapan            : 20 %
-          Bahan, Perlengkapan                         : 20 %
-          Sikap dan Penampilan                        : 40 %                          :

·         Apresiasi
-          Peserta tergiat pertama akan mendapatkan pin emas/ piagam penghargaan
-          Peserta tergiat kedua akan mendapatkan pin perak/ piagam penghargaan
-          Peserta tergiat ketiga akan mendapatkan pin perunggu/ piagam penghargaan


b.    GEBYAR PARADE MUSIK NON ELEKTRONIK/ BARANG BEKAS
Peserta            : 8/ regu
Peraturan        :
·         Setiap kontingen terdiri dari 8 putra dan 8 putri
·         Setiap kontingen memainkan alat musik non elektronik dar barang bekas seperti botol bekas, kaleng bekas dll
·         Peserta dalam satu kontingen dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok satu sebagai pemain alat musik dan kelompok dua sebagai penari pengiring dan bernyayi dengan komposisi bebas pemain bebas
·         Peserta masih mengenakan Pakaian Seragam Pramuka Lengkap
·         Peserta boleh menggunakan aksesoris tambahan/ hiasan dengan tidak melepas SPL
·         Posisi saat gebyar parade musik non elektronik/ barang bekas adalah :
1)    Maskot, 2) Penari, dan 3 Pemain Alat Musik
·         Lagu yang dinyayikan adalah lagu-lagu daerah nusantara
·         Evaluasi    :
a.    Alat musik yang digunakan                                                    : 20%
b.    Kreatifitas/ aransement lagu                                                   : 20%
c.    Penampilan/ Kekompakan Gerakan dan Lagu                      : 20%
d.    Sikap/ semangat/ keutuhan/ konsistensi anggota tim            : 40%
·         Apresiasi
·         Kontingen tergiat pertama akan mendapatkan pin emas/ piagam penghargaan
·         Kontingen tergiat kedua akan mendapatkan pin perak/ piagam penghargaan
·         Kontingen tergiat ketiga akan mendapatkan pin perunggu/ piagam penghargaan



4.    GIAT JURNALISTIK
Peserta                  : 1/regu
Peralatan               : Notebook/Laptop, Modem, Kamera Digital/HP Android
Peraturan              :
-          Setiap peserta wajib mengikuti pembekalan
-          Sebelum pembekalan peserta akan mengerjakan soal tes awal dan diakhir kegiatan jurnalistik peserta akan mengerjakan soal tes akhir
-          Peserta akan dibuat kedalam beberapa kelompok kecil dan satu kelompok tidak boleh ada dari satu pangkalan yang sama
-          Peserta akan mendapat Materi tentang :
a.    Membuat website/ blog
b.    Memanfaatkan media sosial (FB,IG,Youtube)
c.    Teknik mencari, memiliki, mengolah dan mempublikasikan berita
-          Peserta secara individu dan kelompok akan diberi tugas untuk melakukan kegiatan jurnalistik di Lokasi dan sekitar lokasi perkemahan
-          Setiap peserta akan diberi tuga membuat video reportase
-          Peserta akan mempublikasikan hasil karya nya kedalam Buletin Perkemahan dan melalui website/blog yang sudah dibuat dengan pendampingan dari tim evaluasi
-          Evaluasi
a.    Pengetahuan dan Ketrampilan     : 30%
b.    Sikap dan Tim Work                     : 40%
c.    Hasil akhir/ Publikasi                     : 30%

-          Apresiasi
Peserta tergiat pertama akan mendapat pin emas/ piagam penghargaan
Peserta tergiat kedua akan mendapat pin perak/ piagam penghargaan
Peserta tergiat ketiga akan mendapat pin perunggu/ piagam penghargaan

5.    GIAT SCOUTING SKILL (TEKNIK KEPRAMUKAAN)
Peserta                              : 5/ regu
Pakaian                             : Seragam Pramuka Lengkap
Sumber Materi                  : Buku Boyman karya Andri Bob Sunardi
Peralatan/Perlengkapan   : Peluit, Bendera Morse, Kompas, Tongkat Pramuka
Peraturan                          :
-          Peserta akan dicampur dengan peserta lain dari regu yang berbeda (dalam satu regu tidak boleh ada peserta dari satu pangkalan)
-          Dalam satu regu terdiri dari 5 orang dari Pangkalan yang berbeda
-          Setiap regu akan melewati pos yang sudah disiapkan oleh panitia
-          Penilaian dilakukan secara individu dan kelompok
-          Setiap peserta wajib mengenakan nomor dada dan tanda peserta giat petualangan yang sudah disiapkan panitia
-          Ketentuan nomor Dada adalah nomor urut Peserta (A,B,C,D,E) di pasang di Dada
-          Ketentuan nomor tanda peserta adalah nomor urut regu (1 s.d 14) di pasang di Punggung
-          Setiap tim wajib menyelesaikan setiap tugas dalam pos yang sudah disiapkan evaluator

-          Materi yang akan diujikan meliputi :
a.    Sandi pramuka
b.    Morse
c.    Pemetaan (mapping)
d.    Simpul (tali-temali)
e.    Menaksir
-         

Ofer Peran : 70-85
Berperan aktif : 85-100
Tidak Berperan : 55-70
Evaluasi :
1)    Pengetahuan         : 20 %
2)    Ketrampilan           : 20 %
3)    Tim Work              : 40 %
4)    Sikap                     : 20 %

-          Apresiasi
Peserta yang mencapai nilai 90 s.d 100 akan mendapatkan satu buah pin emas/ piagam penghargaan

6.    GIAT FESTIVAL KULINER
a.    MAKANAN KHAS/ TRADISIONAL
Peserta            : 4/ regu
Peraturan        :
-          Setiap regu minimal membuat satu jenis makanan Khas/ Tradisional Terbuat dari Bahan Non Beras seperti Jagung, Singkong, Ubi – Ubian dan lainnya sesuai dengan kreatifitas masing-masing regu di tenda masing-masing dalam waktu maksimal 90 menit
-          Setiap regu mengirimkan 2 orang perwakilannya untuk menyajikan makanan disertai dengan minuman yang sesuai dengan makanan tersebut untuk 5 orang di Meja Panitia dilengkapi dengan Resep/ Cara Membuatnya, Bahan yang digunakan, Biaya Pembuatan/ Produksi, dan estimasi keuntungan yang akan diperoleh. Sementara 2 orang lainnya menjual produk yang sudah dibuat kepada masyarakat sekitar, warga bumi perkemahan, dll.
-          Setiap regu membuat sebanyak-banyaknya makanan tersebut untuk dijual kepada masyarakat sekitar, warga bumi perkemahan dan sebagainya.
-          Harga jual setiap bijinya/buahnya maksimal Rp. 2.000,- (dua ribu rupiah)
-          Setiap regu wajib membuat dan menyetorkan laporan hasil penjualannya dengan bukti daftar penjualan dengan format sebagai berikut :
No
Nama Pembeli
Alamat dan Nomor HP
Harga
Banyaknya
Jumlah
1.





dst





-          Evaluasi
a.    Keunikan pilihan bahan dasar : 20%
b.    Kreasi dan inovasi                               : 30%
c.    Cita rasa dan penyajian                      : 20%
d.    Hasil penjualan                                    : 30%
-          Apresiasi
Peserta tergiat pertama akan mendapat pin emas/ piagam penghargaan
Peserta tergiat kedua akan mendapat pin perak/ piagam penghargaan
Peserta tergiat ketiga akan mendapat pin perunggu/ piagam penghargaan

7.    GIAT PIONEERING
a.    PELONTAR
Peserta            : 5/regu
Peraturan        :
-          Setiap regu membuat pioneering berupa pelontar menggunakan tongkat Pramuka dalam waktu maksimal 40 Menit
-          Banyaknya tongkat, bentuk pelontar, banyaknya tali disesuaikan dengan kebutuhan
-          Setelah selesai peserta melaporkan kepada evaluator hasil pioneering yang dibuat
-          Peserta akan melontarkan bola voly setelah semua peserta selesai membuat pioneering
-          Minimal peserta melontarkan bola voly sejauh 15 Meter dan akan mendapatkan satu pin emas/ piagam penghargaan untuk jarak lontaran


-          Evaluasi
a.    Kebenaran simpul       : 25%
b.    Kekuatan                     : 20%
c.    Kerapihan                    : 15%
d.    Kecepatan waktu        : 15%
e.    Jarak lontar                 : 25%

-          Apresiasi
Peserta tergiat pertama akan mendapat pin emas/ piagam penghargaan
Peserta tergiat kedua akan mendapat pin perak/ piagam penghargaan
Peserta tergiat ketiga akan mendapat pin perunggu/ piagam penghargaan




Contoh Pelontar

8.    GIAT OLAHRAGA
Peserta                  : 5/regu
Peraturan              :
-          Setiap peserta wajib mengikuti setiap kegiatan olahraga sesuai dengan plotingnya masing-masing
-          Kegiatan ini akan dipandu oleh panitia
-          Setap peserta yang hadir dan tepat waktu akan diberi point tambahan
-          Kegiatan senam yang akan dilaksanakan adalah :
a.    Senam Pramuka jilid 2
b.    Senam kreasi (goyang kewer2/ naik turun/ tobelo/ maumere,dll)

9.    GIAT PERMAINAN TRADISIONAL
Peserta                  : 4/ regu
Peraturan umum   :
-          Peserta akan dicampur dalam tim baru dengan ketentuan peserta dalam satu regu tiak boleh dari satu pangkalan
-          Setiap regu akan melaksanakan lomba secara bersama-sama dimulai dengan balap gapyak/bakyak dilanjutkan dengan balap egrang
-          Pada tahap pertama Peserta akan dipilih lima regu tercepat untuk melanjutkan ke Babak Final
-          Pada babak final akan ditentukan tiga peserta tercepat
-          Evaluasi          :
a.    Kekompakan
b.    Semangat
c.    Tim work
d.    Sikap dan Ketangkasan
e.    Kecepatan waktu

-          Apresiasi
Setiap peserta yang masuk sebagai tiga tim tercepat akan mendapatkan pin emas/ piagam penghargaan

-          Materi Permaianan Tradisional yaitu :
a.    GAPYAK/BAKYAK
-          Peserta membawa alat sendiri dengan ukuran panjang 1 Meter lebar menyesuaikan, dan pemasangan karet pada gapyak disesuikan dengan peserta didik sebanyak 4 buah.
-          Teknis lomba bebas dengan menempuh jaraka 15 Meter
-          Peserta memulai lomba setelah ada perintah/ peluit dimulainya lomba


b.    EGRANG
·         Peserta membawa alat sendiri dengan ukuran :
·         tinggi Bambu : 1- 2 Meter
·         tinggi tempat pijakan kaki 50 CM
·         Alat terbuat dari bambu dengan diameter disesuakan dengan peserta didik
·         Tahap pertama/ penyisihan seluruh peserta melaksanakan lomba dengan sistem estafet secara bersama-sama, dimana setiap peserta menempuh jarak 10 Meter
·         Apabila alat yang dunakan patah/ rusak maka peserta di anggap gugur

10.  GIAT KALIGRAFI ISLAM
Peserta      : 1/ regu
Peraturan  :
·         Peserta membawa peralatan dan perlengkapan sendiri
·         Peserta menyerahkan makalah tentang kreatifitas yang dibuat menggunakan kertas HVS A4, dijilid dengan cover warna merah untuk putera dan cover warna hijau untuk puteri
·         Makalah tersebut diserahkan kepada panitia pada saat daftar ulang
·         Ketentuan penyusunan makalah :
1.    Halaman Judul
2.    Halaman Pengesahan
3.    Kata Pengantar
4.    BAB 1 Pendahuluan
A.    Latar Belakang Memilih Pembuatan Kaligrafi
B.    Kondisi dan Lingkungan Masyarakat sekitar
5.    BAB 2 Isi
A.    Cara Pembuatan
B.    Bahan yang dibutuhkan
C.   Biaya produksi
D.   Prospek penjualan
E.    Lamanya waktu produksi
F.    Ketersediaan bahan baku
6.    BAB 3 Penutup
A.    Kesimpulan
B.    Saran dan Kritik
7.    DAFTAR PUSTAKA
·         Peserta membuat kaligrafi dengan memanfaatkan barang bekas seperti : cangkang telor, kardus bekas, skam padi, koran bekas, Kerang, serbuk kayu, dll sesuai dengan kreatisifitas.
·         Alas yang digunakan bisa triplek bekas, bambu, kaleng bekas, ember cat bekas dan sebagainya disesuaikan dengan kreatifitas peserta didik.
·         Jenis, bentuk, ukuran bebas
·         Peserta membuat kaligrafi dari bahan mentah sampai jadi
·         Jenis huruf/ kata yang dibuat bebas
·         Waktu pengerjaan adalah 120 Menit
·         Penilaian :
a.    Kesesuaian Huruf             : 15%
b.    Kreatifitas                          : 25%
c.    Tingkat Kesulitan              : 25%
d.    Nilai Jual/ Ekonomis         : 15%
e.    Penilaian makalah                        : 10%
·         Apresiasi
Peserta tergiat pertama akan mendapat pin emas/ piagam penghargaan
Peserta tergiat kedua akan mendapat pin perak/ piagam penghargaan
Peserta tergiat ketiga akan mendapat pin perunggu/ piagam penghargaan


11.  GIAT PRAMUKA PEDULI
Peserta      : 5/ regu
Peraturan  :
-          Seluruh peserta akan mendapatkan materi tentang kesiapsiagaan bencana
-          Seluruh peserta menyerahkan uang sejumlah Rp. 50.000,-/ Regu

12.  GIAT FUN OUTBOUND
Peserta      : 5/ regu
Peraturan  :
Seluruh peserta akan mengikuti materi outbound yang disiapkan oleh panitia dengan penuh keceriaan dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan Pramuka Penggalang se Kwarran Karangpucung.

13.  GIAT BAKTI SOSIAL
Peserta      : 5/ regu
Peraturan  :
-          Setiap peserta menyumbangkan buku Cerita Fiksi/ Non Fiksi, Referensi Pramuka minimal 2 buah untuk setiap peserta untuk kemudian dibuatkan Perpustakaan Pramuka
-          Seluruh peserta akan melakukan kerja bakti membersihakan bumi perkemahan dan sekitarnya dari sampah.

F.    REGU TERGIAT
-          Penentuan regu tergiat dilihat dari peroleh Pin Emas/ Piagam Penghargaan yang diperoleh
-          Jika ada yang sama ditentukan kemudian berdasarkan rapat/ musyawarah panitia

G.   PENUTUP

Demikian Draft Kegiatan Jambore Ranting Tahun 2017 dalam rangka memperingati hari Pramuka Tahun 2017.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Subscribe Chanel Youtube Kami Untuk Info Terbaru.
Subscribe