DRAFT
KEGIATAN JAMBORE RANTING TAHUN 2017
PRAMUKA
PENGGALANG SMP/MTs
TINGKAT KWARTIR RANTING 110113
KARANGPUCUNG
8 S.D 10 AGUSTUS 2017
A. DASAR PENYELENGGARAAN
1. Undang Undang Nomor 12 Tahun 2010
Tentang Gerakan Pramuka
2. AD/ART Gerakan Pramuka
3. Program kerja Kwartir ranting 110113
Karangpucung Tahun 2017
B. MOTTO DAN TEMA
1. Motto :
Satyaku KuDharmakan Dharmaku KuBhaktikan
2. Tema :
Gembira, Bersahabat dan Berkarakter
C. PELAKSANAAN
1. Hari :
Selasa s.d Kamis
2. Tanggal : 8 s.d 10 Agustus 2017
3. Tempat :
Opsi 1 : Lapangan Kawungcarang Desa Pangawaren
Opsi Lainnya : ..................
D. KONTINGEN GUDEP
1. Setiap kontingen/pangkalan mengirimkan
dua regu (1 Regu Putera dan 1 Regu Puteri)
2. Setiap Regu terdiri dari 10 (sepuluh)
anggota tidak boleh lebih
3. Regu putera didampingi oleh 1 orang
Pembina Putera boleh membawa 1 Pembantu Pembina
4. Regu puteri didampingi oleh 1 orang
Pembina Puteri boleh membawa 1 Pembantu Pembina
5. Peserta adalah Pramuka Penggalang
minimal sudah dilantik sebagai Penggalang Rakit dibuktkan dengan menunjukan
buku SKU dan Surat Tanda Lulus Uji SKU Penggalang Rakit.
6. Ketua Regu atau minimal salah satu
anggota Regu sudah dilantik/ dikukuhkan/ sedang menempuh Syarat Pramuka
Penggalang Garuda (SPG) dibuktikan foto Copy Buku SKU, Foto Copy Buku SKK dan
Copy Lembar SPG.
7. Setiap regu wajib membawa dan
menyerahkan bambu dengan ukuran panjang 3 Meter dan diameter bambu menyesuaikan
degan pegangan tangan peserta didik (tiang bendera) di cat dengan warna putih,
diserahkan pada saat pendaftaran ulang.
8. Setiap regu wajib melengkapi berkas
administrasi dan dijilid rapih dengan cover warna merah untuk regu putera dan
warna hijau untuk regu puteri, yaitu terdiri dari :
a. Form kesediaan Gudep
b. Biodata Bindamping dan Peserta
c. Copy KTA Pramuka yang masih berlaku
d. Copy SKU,SKK,SPG, Buku Tabungan
e. Copy SK Nomor Gudep
f. Copy SK Pengurus Mabigus yang berlaku
g. Sejarah Regu
E. MATERI KEGIATAN
1. GIAT PETUALANGAN
Peserta : 5/regu
Pakaian : Kaos
Lapangan, Celana/Rok Pramuka, Scraft, Topi, dll
Perlengkapan : Alat Tulis (Kertas HVS, Pensil, Penghapus,dll)
Lain : Membawa bekal/ snack ringan
Peraturan :
-
Peserta
akan dicampur dengan peserta lain dari regu yang berbeda (dalam satu regu tidak
boleh ada peserta dari satu pangkalan)
-
Dalam
satu regu terdiri dari 5 orang dari Pangkalan yang berbeda
-
Setiap
regu akan melewati rute yang sudah disiapkan oleh panitia
-
Untuk
mencapai pos-pos tertentu peserta/regu harus mampu memecahkan/ menyelesaikan
tantangan dan membaca peta serta tanda-tanda jejak yang sudah dibuat.
-
Tantangan
yang diberikan bisa berupa bermain peran, sandi dan puzzle.
-
Penilaian
dilakukan secara individu dan kelompok/ tim
-
Setiap
peserta wajib mengenakan nomor dada dan tanda peserta giat petualangan yang
sudah disiapkan panitia
-
Ketentuan
nomor Dada adalah nomor urut Peserta (A,B,C,D,E) di pasang di Dada
-
Ketentuan
nomor tanda peserta adalah nomor urut regu (1 s.d 14) di pasang di Punggung
-
Ofer Peran : 70-85
Berperan aktif : 85-100
Tidak Berperan : 55-70
|
1) Pengetahuan : 20 %
2)
Ketrampilan : 20 %
3)
Tim Work : 40 %
4) Sikap :
20 %
-
Apresiasi
Peserta yang mencapai nilai 90 s.d 100
akan mendapatkan satu buah pin emas/ piagam penghargaan
-
Materi
Giat Petualangan yang akan dilalui :
a. SURVIVAL (20%)
Setiap regu akan di uji kemampuannya
secara individu dan kelompok dalam menyelesaikan materi baik teori ataupun praktek
sesuai petunjuk evaluator, dengan materi sebagai berikut :
-
Membuat
Tenda darurat/ Bivoak (Praktek)
-
Teknik
menghemat tenaga (Teori)
-
Mendapatkan
air (Praktek)
-
Bahan-bahan
survival (Teori)
b. KIM (KEMAMPUAN INDERA MANUSIA) (10%)
-
Setiap
regu akan di uji kemampuan 5 inderanya dengan berbagai permainan yang sudah
disiapkan oleh panitia/ evaluator
-
Setiap
regu melaksanakan tugas setelah mendapat arahan/ petunjuk dari evaluator
c. HALANG RINTANG (30%)
·
Peserta
akan melalui halang rintang secara terus menerus, jika pada halang tertentu
gagal maka peserta dianggap gugur pada materi tersebut
·
Setiap
peserta yang berhasil melalui halang rintang tersebut akan memperoleh poin 25
untuk setiap peserta dan halang rintang yang dilalui
·
Materi
halang rintang yaitu sebagai berikut :
-
Naik
bambu
d. SIGNS AND TRACKING (20%)
Peserta akan diuji secara teori dan
Praktek dalam membuat :
-
Tanda
jejak
-
Mencari
jejak
e. PANORAMA (SKETSA PRAMUKA) (20%)
Peserta akan diuji dalam pembuatan :
-
Laporan
Panorama
2. GIAT PENTAS SENI BUDAYA
a. PIDATO NGAPAK-NGAPAK CILACAP
Peserta : 1/ regu
Tema Pidato : Empal Pilar
Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Materi : Bebas sesuai dengan tema
Pakaian : Seragam Pramuka Lengkap (SPL)
Peraturan :
-
Peserta
tampil sesuai dengan nomor urut undian pada saat daftar ulang dilokasi pentas
-
Peserta
yang dipanggil lebih dari tiga kali akan ditampilkan pada dua nomor berikutnya
-
Peserta
memulai penampilan setelah dipersilahkan oleh panitia/ tim evalusi
-
Bahasa
yang digunakan adalah bahasa jawa khas cilacap (ngapak)
-
Waktu
tampil 7 s.d 8 Menit dihitung sejak panitia/ tim evaluasi membunyikan peluitnya
Evaluasi :
-
Kesesuaian
isi materi dengan tema yang disampaikan :
20%
-
Penampilan
dan Penguasaan panggung :
20%
-
Ketepatan
Waktu :
20%
-
Penguasaan
Materi/ Tata Bahasa dan Pelafalan : 40%
Apresiasi :
Peserta yang mendapatkan skor 99 s.d 100
akan mendapatkan 1 buah pin emas/ piagam penghargaan
b. STAND UP COMEDY NGAPAK-NGAPAK CILACAP
Peserta : 1/ regu
Tema : Empal Pilar Kehidupan Berbangsa
dan Bernegara
Materi : Bebas sesuai dengan tema
Pakaian : Seragam Pramuka Lengkap (SPL)
Peraturan :
-
Peserta
tampil sesuai dengan nomor urut undian pada saat daftar ulang dilokasi pentas
-
Peserta
yang dipanggil lebih dari tiga kali akan ditampilkan pada dua nomor berikutnya
-
Peserta
memulai penampilan setelah dipersilahkan oleh panitia/ tim evalusi
-
Bahasa
yang digunakan adalah bahasa jawa khas cilacap (ngapak)
-
Waktu
tampil 7 s.d 10 Menit dihitung sejak panitia/ tim evaluasi membunyikan
peluitnya
Evaluasi :
-
Kesesuaian
isi materi dengan tema yang disampaikan :
20%
-
Penampilan
dan Penguasaan panggung :
20%
-
Ketepatan
Waktu :
20%
-
Penguasaan
Materi/ Tata Bahasa dan Pelafalan : 40%
Apresiasi :
Peserta yang mendapatkan skor 90 s.d 100
akan mendapatkan 1 buah pin emas/ piagam penghargaan
3. GIAT GEBYAR JAMBORE RANTING
a. DRESS CODE BARANG BEKAS
Hari/ Tanggal :
Waktu :
13.00 WIB s.d 15.00 WIB
Peserta : 1/ regu
Pakaian : Pakaian Berbahan Barang-Barang bekas
Peraturan :
·
Pra
Kegiatan
-
Peserta
membuat pakaian dengan bahan dari barang bekas
-
Peserta
membuat pakaian di pangkalan masing-masing atau diselesaikan di lokasi
perkemahan jika belum selesai
·
Pada
saat kegiatan
-
Setiap
regu menugaskan satu orang untuk mengenakan pakaian yang sudah dibuat untuk
kemudian dijadikan maskot pada saat gebyar Jambore Ranting
-
Peserta
merias pakaian dan menghias maskot tersebut dalam waktu maksimal 60 Menit
dimulai pukul 13.00 s.d 13.30 WIB pada tempat yang sudah disiakan dibantu oleh
2 anggota lainnya
-
Setelah
selesai peserta akan masuk sesi catwalk dan presentasi, sesuai dengan nomor
undian pada saat daftar ulang dilokasi kegiatan
-
Setelah
selesai sesi catwalk peserta akan mengikuti parade/ gebyar musik non elektronik
sebagai maskot
·
Evaluasi
-
Tata
Rias dan Busana :
20 %
-
Pengetahuan
dan Kecakapan : 20 %
-
Bahan,
Perlengkapan : 20
%
-
Sikap
dan Penampilan : 40
% :
·
Apresiasi
-
Peserta
tergiat pertama akan mendapatkan pin emas/ piagam penghargaan
-
Peserta
tergiat kedua akan mendapatkan pin perak/ piagam penghargaan
-
Peserta
tergiat ketiga akan mendapatkan pin perunggu/ piagam penghargaan
b. GEBYAR PARADE MUSIK NON ELEKTRONIK/
BARANG BEKAS
Peserta : 8/ regu
Peraturan :
·
Setiap
kontingen terdiri dari 8 putra dan 8 putri
·
Setiap
kontingen memainkan alat musik non elektronik dar barang bekas seperti botol
bekas, kaleng bekas dll
·
Peserta
dalam satu kontingen dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok satu sebagai
pemain alat musik dan kelompok dua sebagai penari pengiring dan bernyayi dengan
komposisi bebas pemain bebas
·
Peserta
masih mengenakan Pakaian Seragam Pramuka Lengkap
·
Peserta
boleh menggunakan aksesoris tambahan/ hiasan dengan tidak melepas SPL
·
Posisi
saat gebyar parade musik non elektronik/ barang bekas adalah :
1) Maskot, 2) Penari, dan 3 Pemain Alat
Musik
·
Lagu
yang dinyayikan adalah lagu-lagu daerah nusantara
·
Evaluasi
:
a. Alat musik yang digunakan :
20%
b. Kreatifitas/ aransement lagu :
20%
c. Penampilan/ Kekompakan Gerakan dan
Lagu : 20%
d. Sikap/ semangat/ keutuhan/ konsistensi
anggota tim : 40%
·
Apresiasi
·
Kontingen
tergiat pertama akan mendapatkan pin emas/ piagam penghargaan
·
Kontingen
tergiat kedua akan mendapatkan pin perak/ piagam penghargaan
·
Kontingen
tergiat ketiga akan mendapatkan pin perunggu/ piagam penghargaan
4. GIAT JURNALISTIK
Peserta : 1/regu
Peralatan : Notebook/Laptop, Modem, Kamera Digital/HP Android
Peraturan :
-
Setiap
peserta wajib mengikuti pembekalan
-
Sebelum
pembekalan peserta akan mengerjakan soal tes awal dan diakhir kegiatan jurnalistik
peserta akan mengerjakan soal tes akhir
-
Peserta
akan dibuat kedalam beberapa kelompok kecil dan satu kelompok tidak boleh ada
dari satu pangkalan yang sama
-
Peserta
akan mendapat Materi tentang :
a. Membuat website/ blog
b. Memanfaatkan media sosial
(FB,IG,Youtube)
c. Teknik mencari, memiliki, mengolah dan
mempublikasikan berita
-
Peserta
secara individu dan kelompok akan diberi tugas untuk melakukan kegiatan
jurnalistik di Lokasi dan sekitar lokasi perkemahan
-
Setiap
peserta akan diberi tuga membuat video reportase
-
Peserta
akan mempublikasikan hasil karya nya kedalam Buletin Perkemahan dan melalui
website/blog yang sudah dibuat dengan pendampingan dari tim evaluasi
-
Evaluasi
a. Pengetahuan dan Ketrampilan : 30%
b. Sikap dan Tim Work : 40%
c. Hasil akhir/ Publikasi : 30%
-
Apresiasi
Peserta tergiat pertama akan mendapat
pin emas/ piagam penghargaan
Peserta tergiat kedua akan mendapat
pin perak/ piagam penghargaan
Peserta tergiat ketiga akan mendapat
pin perunggu/ piagam penghargaan
5. GIAT SCOUTING SKILL (TEKNIK
KEPRAMUKAAN)
Peserta :
5/ regu
Pakaian : Seragam Pramuka Lengkap
Sumber Materi : Buku Boyman karya Andri Bob Sunardi
Peralatan/Perlengkapan : Peluit, Bendera Morse, Kompas, Tongkat
Pramuka
Peraturan :
-
Peserta
akan dicampur dengan peserta lain dari regu yang berbeda (dalam satu regu tidak
boleh ada peserta dari satu pangkalan)
-
Dalam
satu regu terdiri dari 5 orang dari Pangkalan yang berbeda
-
Setiap
regu akan melewati pos yang sudah disiapkan oleh panitia
-
Penilaian
dilakukan secara individu dan kelompok
-
Setiap
peserta wajib mengenakan nomor dada dan tanda peserta giat petualangan yang
sudah disiapkan panitia
-
Ketentuan
nomor Dada adalah nomor urut Peserta (A,B,C,D,E) di pasang di Dada
-
Ketentuan
nomor tanda peserta adalah nomor urut regu (1 s.d 14) di pasang di Punggung
-
Setiap
tim wajib menyelesaikan setiap tugas dalam pos yang sudah disiapkan evaluator
-
Materi
yang akan diujikan meliputi :
a. Sandi pramuka
b. Morse
c. Pemetaan (mapping)
d. Simpul (tali-temali)
e. Menaksir
-
Ofer Peran : 70-85
Berperan aktif : 85-100
Tidak Berperan : 55-70
|
1) Pengetahuan : 20 %
2) Ketrampilan : 20 %
3)
Tim Work : 40 %
4) Sikap :
20 %
-
Apresiasi
Peserta yang mencapai nilai 90 s.d 100
akan mendapatkan satu buah pin emas/ piagam penghargaan
6. GIAT FESTIVAL KULINER
a. MAKANAN KHAS/ TRADISIONAL
Peserta : 4/ regu
Peraturan :
-
Setiap
regu minimal membuat satu jenis makanan Khas/ Tradisional Terbuat dari Bahan
Non Beras seperti Jagung, Singkong, Ubi – Ubian dan lainnya sesuai dengan
kreatifitas masing-masing regu di tenda masing-masing dalam waktu maksimal 90
menit
-
Setiap
regu mengirimkan 2 orang perwakilannya untuk menyajikan makanan disertai dengan
minuman yang sesuai dengan makanan tersebut untuk 5 orang di Meja Panitia
dilengkapi dengan Resep/ Cara Membuatnya, Bahan yang digunakan, Biaya
Pembuatan/ Produksi, dan estimasi keuntungan yang akan diperoleh. Sementara 2
orang lainnya menjual produk yang sudah dibuat kepada masyarakat sekitar, warga
bumi perkemahan, dll.
-
Setiap
regu membuat sebanyak-banyaknya makanan tersebut untuk dijual kepada masyarakat
sekitar, warga bumi perkemahan dan sebagainya.
-
Harga
jual setiap bijinya/buahnya maksimal Rp. 2.000,- (dua ribu rupiah)
-
Setiap
regu wajib membuat dan menyetorkan laporan hasil penjualannya dengan bukti
daftar penjualan dengan format sebagai berikut :
No
|
Nama Pembeli
|
Alamat dan Nomor HP
|
Harga
|
Banyaknya
|
Jumlah
|
1.
|
|||||
dst
|
-
Evaluasi
a.
Keunikan
pilihan bahan dasar : 20%
b.
Kreasi
dan inovasi :
30%
c.
Cita
rasa dan penyajian :
20%
d.
Hasil
penjualan :
30%
-
Apresiasi
Peserta tergiat pertama akan mendapat
pin emas/ piagam penghargaan
Peserta tergiat kedua akan mendapat
pin perak/ piagam penghargaan
Peserta tergiat ketiga akan mendapat
pin perunggu/ piagam penghargaan
7. GIAT PIONEERING
a. PELONTAR
Peserta : 5/regu
Peraturan :
-
Setiap
regu membuat pioneering berupa pelontar menggunakan tongkat Pramuka dalam waktu
maksimal 40 Menit
-
Banyaknya
tongkat, bentuk pelontar, banyaknya tali disesuaikan dengan kebutuhan
-
Setelah
selesai peserta melaporkan kepada evaluator hasil pioneering yang dibuat
-
Peserta
akan melontarkan bola voly setelah semua peserta selesai membuat pioneering
-
Minimal
peserta melontarkan bola voly sejauh 15 Meter dan akan mendapatkan satu pin
emas/ piagam penghargaan untuk jarak lontaran
-
Evaluasi
a. Kebenaran simpul : 25%
b. Kekuatan : 20%
c. Kerapihan : 15%
d. Kecepatan waktu : 15%
e. Jarak lontar : 25%
-
Apresiasi
Peserta tergiat pertama akan mendapat
pin emas/ piagam penghargaan
Peserta tergiat kedua akan mendapat
pin perak/ piagam penghargaan
Peserta tergiat ketiga akan mendapat
pin perunggu/ piagam penghargaan
Contoh Pelontar
8. GIAT OLAHRAGA
Peserta : 5/regu
Peraturan :
-
Setiap
peserta wajib mengikuti setiap kegiatan olahraga sesuai dengan plotingnya
masing-masing
-
Kegiatan
ini akan dipandu oleh panitia
-
Setap
peserta yang hadir dan tepat waktu akan diberi point tambahan
-
Kegiatan
senam yang akan dilaksanakan adalah :
a. Senam Pramuka jilid 2
b. Senam kreasi (goyang kewer2/ naik
turun/ tobelo/ maumere,dll)
9. GIAT PERMAINAN TRADISIONAL
Peserta : 4/ regu
Peraturan umum :
-
Peserta
akan dicampur dalam tim baru dengan ketentuan peserta dalam satu regu tiak
boleh dari satu pangkalan
-
Setiap
regu akan melaksanakan lomba secara bersama-sama dimulai dengan balap
gapyak/bakyak dilanjutkan dengan balap egrang
-
Pada
tahap pertama Peserta akan dipilih lima regu tercepat untuk melanjutkan ke
Babak Final
-
Pada
babak final akan ditentukan tiga peserta tercepat
-
Evaluasi
:
a. Kekompakan
b. Semangat
c. Tim work
d. Sikap dan Ketangkasan
e. Kecepatan waktu
-
Apresiasi
Setiap peserta yang masuk sebagai tiga
tim tercepat akan mendapatkan pin emas/ piagam penghargaan
-
Materi
Permaianan Tradisional yaitu :
a. GAPYAK/BAKYAK
-
Peserta
membawa alat sendiri dengan ukuran panjang 1 Meter lebar menyesuaikan, dan
pemasangan karet pada gapyak disesuikan dengan peserta didik sebanyak 4 buah.
-
Teknis
lomba bebas dengan menempuh jaraka 15 Meter
-
Peserta
memulai lomba setelah ada perintah/ peluit dimulainya lomba
b. EGRANG
·
Peserta
membawa alat sendiri dengan ukuran :
·
tinggi
Bambu : 1- 2 Meter
·
tinggi
tempat pijakan kaki 50 CM
·
Alat
terbuat dari bambu dengan diameter disesuakan dengan peserta didik
·
Tahap
pertama/ penyisihan seluruh peserta melaksanakan lomba dengan sistem estafet
secara bersama-sama, dimana setiap peserta menempuh jarak 10 Meter
10. GIAT KALIGRAFI ISLAM
Peserta : 1/ regu
Peraturan :
·
Peserta
membawa peralatan dan perlengkapan sendiri
·
Peserta
menyerahkan makalah tentang kreatifitas yang dibuat menggunakan kertas HVS A4,
dijilid dengan cover warna merah untuk putera dan cover warna hijau untuk
puteri
·
Makalah
tersebut diserahkan kepada panitia pada saat daftar ulang
·
Ketentuan
penyusunan makalah :
1. Halaman Judul
2. Halaman Pengesahan
3. Kata Pengantar
4. BAB 1 Pendahuluan
A. Latar Belakang Memilih Pembuatan
Kaligrafi
B. Kondisi dan Lingkungan Masyarakat
sekitar
5. BAB 2 Isi
A. Cara Pembuatan
B. Bahan yang dibutuhkan
C. Biaya produksi
D. Prospek penjualan
E. Lamanya waktu produksi
F. Ketersediaan bahan baku
6. BAB 3 Penutup
A. Kesimpulan
B. Saran dan Kritik
7. DAFTAR PUSTAKA
·
Peserta
membuat kaligrafi dengan memanfaatkan barang bekas seperti : cangkang telor,
kardus bekas, skam padi, koran bekas, Kerang, serbuk kayu, dll sesuai dengan
kreatisifitas.
·
Alas
yang digunakan bisa triplek bekas, bambu, kaleng bekas, ember cat bekas dan
sebagainya disesuaikan dengan kreatifitas peserta didik.
·
Jenis,
bentuk, ukuran bebas
·
Peserta
membuat kaligrafi dari bahan mentah sampai jadi
·
Jenis
huruf/ kata yang dibuat bebas
·
Waktu
pengerjaan adalah 120 Menit
·
Penilaian
:
a. Kesesuaian Huruf : 15%
b. Kreatifitas : 25%
c. Tingkat Kesulitan : 25%
d. Nilai Jual/ Ekonomis : 15%
e. Penilaian makalah : 10%
·
Apresiasi
Peserta tergiat pertama akan mendapat
pin emas/ piagam penghargaan
Peserta tergiat kedua akan mendapat
pin perak/ piagam penghargaan
Peserta tergiat ketiga akan mendapat
pin perunggu/ piagam penghargaan
11. GIAT PRAMUKA PEDULI
Peserta : 5/ regu
Peraturan :
-
Seluruh
peserta akan mendapatkan materi tentang kesiapsiagaan bencana
-
Seluruh
peserta menyerahkan uang sejumlah Rp. 50.000,-/ Regu
12. GIAT FUN OUTBOUND
Peserta : 5/ regu
Peraturan :
Seluruh peserta akan mengikuti materi
outbound yang disiapkan oleh panitia dengan penuh keceriaan dengan tujuan untuk
lebih meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan Pramuka Penggalang se Kwarran
Karangpucung.
13. GIAT BAKTI SOSIAL
Peserta : 5/ regu
Peraturan :
-
Setiap
peserta menyumbangkan buku Cerita Fiksi/ Non Fiksi, Referensi Pramuka minimal 2
buah untuk setiap peserta untuk kemudian dibuatkan Perpustakaan Pramuka
-
Seluruh
peserta akan melakukan kerja bakti membersihakan bumi perkemahan dan sekitarnya
dari sampah.
F. REGU TERGIAT
-
Penentuan
regu tergiat dilihat dari peroleh Pin Emas/ Piagam Penghargaan yang diperoleh
-
Jika
ada yang sama ditentukan kemudian berdasarkan rapat/ musyawarah panitia
G. PENUTUP
Demikian Draft Kegiatan Jambore
Ranting Tahun 2017 dalam rangka memperingati hari Pramuka Tahun 2017.