DRAFT KEGIATAN GLADI WIDYA PANDAWA (GWP) PRAMUKA PENEGAK/PANDEGA DAN SATUAN KARYA TINGKAT KWARTIR RANTING 110113 KARANGPUCUNG 12 S.D 14 AGUSTUS 2017 - Kwarran Karangpucung | Situs Resmi Kwarran Karangpucung Cilacap Jawa Tengah
News Update
Loading...

Tuesday, June 13, 2017

DRAFT KEGIATAN GLADI WIDYA PANDAWA (GWP) PRAMUKA PENEGAK/PANDEGA DAN SATUAN KARYA TINGKAT KWARTIR RANTING 110113 KARANGPUCUNG 12 S.D 14 AGUSTUS 2017



A.   DASAR PENYELENGGARAAN
1.    Undang Undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka
2.    AD/ART Gerakan Pramuka
3.    Program Kerja Kwartir Ranting 110113 Karangpucung Tahun 2017
4.    Program Kerja Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tahun 2017

B.   MOTTO DAN TEMA
1.    Motto              : Satyaku KuDharmakan Dharmaku KuBhaktikan
2.    Tema              : Pramuka untuk masa depan Indonesia
3.    Slogan           : Kreatif, Inovatif, Berkarakter dan Berprestasi

C.   PELAKSANAAN
1.    Hari                 : Sabtu s.d Senin
2.    Tanggal         : 12 s.d 14 Agustus 2017
3.    Tempat           : Opsi 1 : Lapangan Desa Karangpucung
  Opsi 2 : Lapangan Desa Ciporos
  Opsi 3 : Tempat Lainnya sesuai kespkatan
D.   PANITIA
Organisasi Penyelenggara Gladi Widya Pandawa Tahun 2017 adalah Kwartir Ranting 110113 Karangpucung

Organisasi Pelaksana (Sangga Kerja) Gladi Widya Pandawa Tahun 2017 terdiri dari Anggota Dewan Kerja Ranting 110113 Karangpucung dan Pramuka Penegak/ Pandega se Kwarran Karangpucung (Ambalan/Racana/Saka)

Dewan Yuri Giat Prestasi terdiri dari Pengurus Kwartir Ranting 110113 Karangpucung dan pihak lainnya yang berkompeten dibidangnya masing-masing.

E.   KONTINGEN GUDEP
1)    Persyaratan Umum
-       Setiap Kontingen/ Pangkalan/ Satuan Karya mengirimkan dua sangga/ reka terdiri dari 1 Sangga/Reka Putera dan 1 Sangga/Reka Puteri
-       Setiap Sangga/ Reka terdiri dari 8 (delapan) anggota tidak boleh lebih
-       Sangga/ Reka putera didampingi oleh 1 orang Pembina Putera
-       Sangga/ Reka puteri didampingi oleh 1 orang Pembina Puteri

2)    Persyaratan Peserta
-       Anggota Pramuka aktif di Gugusdepan atau Satuan Karya
-       Minimal sudah dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara atau Pramuka Pandega
-       Usia Pramuka Penegak : 17 sd. 20 tahun dan Usia Pramuka Pandega 21 s.d 25 Tahun
-       Memiliki sedikitnya 25 TKK dari 5 bidang yang berbeda
-       Mengisi dan menyerahkan biodata peserta
-       Foto 3x4 Berseragam Pramuka dan Berwana tanpa tutup kepala di tempel pada form biodata
-       minimal salah satu anggota Sangga/Reka sudah dilantik/ dikukuhkan/ sedang menempuh Syarat Pramuka Penegak Garuda (SPG) dibuktikan foto Copy Buku SKU, Foto Copy Buku SKK dan Copy Lembar SPG

3)    Persyaratan Pembina Pendamping
-       Pembina yang aktif membina di Gudepnya
-       Sudah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan
-       Mengisi dan meyerahkan biodata pembina Pendamping
-       Foto 3x4 Berseragam Pramuka dan Berwana tanpa tutup kepala di tempel pada form biodata
4)    Persyaratan Pimpinan Kontingen
-       Pengurus Dewan Ambalan yang aktif
-       Menyerahkan foto copy SK pengurus Dewan Ambalan/ Dewan Racana/ Dewan Saka
-       Minimal sudah dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara atau Pramuka Pandega
-       Memiliki sedikitnya 25 TKK dari 5 bidang yang berbeda
-       Mengisi dan menyerahkan biodata Pinkon
-       Foto 3x4 Berseragam Pramuka dan Berwana tanpa tutup kepala di tempel pada form biodata

5)    Persyaratan Sangga/ Reka
-       Setiap sangga/ reka wajib melengkapi berkas administrasi dan dijilid rapih dengan cover warna merah untuk sangga/reka putera dan warna hijau untuk sangga/reka puteri, antara lain terdiri dari :
a.    Form kesediaan Gudep
b.    Daftar kontingen
c.    Biodata Bindamping dan Peserta
d.    Copy KTA Pramuka yang masih berlaku
e.    Copy asuransi jika ada
f.     Copy SKU,SKK,SPG
g.    Copy SK Nomor Gudep
h.    Copy SK Pengurus Mabigus yang ditetapkan oleh Ka Kwarran yang masih berlaku
i.      Sejarah Ambalan/ Racana/ Saka
j.      Copy SK Gudep mengenai susunan Dewan Ambalan / Dewan Racana/ Dewan Saka dan Hasil Musyawarah Penegak/Pandega terakhir (mencakup laporan pelaksanaan program kerja dan rencana program kerja) dan dapat menunjukan asli.
-       Membawa dan menyerahkan bambu dengan ukuran panjang 3 Meter dan diameter bambu menyesuaikan dengan pegangan tangan peserta didik (tiang bendera) di cat dengan warna putih, diserahkan pada saat pendaftaran ulang sebanayak 2 Buah.
-       Membawa alat kebersihan
-       Membawa alat dan perlengkapan perkemahan
-       Menyerahkan kembang api sebanyak 2 buah dan kayu bakar minimal 1 ikat

6)    Komposisi Kontingen Gudep
Setiap Pangkalan dari Gudep SMA/SMK/MA/ Perti baik Negeri atau Swasta dan Satuan Karya mengirimkan perwakilannya dengan ketentuan sebagai berikut :
1.    Sangga Putera                           : 8 Orang
2.    Sangga Puteri                            : 8 Orang
3.    Pembina Pendamping Putera : 1 Orang
4.    Pembina Pendamping Puteri  : 1 Orang
5.    Pinkon Putera                            : 1 Orang
6.    Pinkon Puteri                             : 1 Orang
Jumlah                                         : 20 Orang
CATATAN : TIDAK BOLEH ADA CADANGAN

F.    MEKANISME PENDAFTARAN KOTINGEN GUDEP
1.    Tahap 1
-       Pinkon Menyerahkan Form Kesedian Gudep dan daftar kontingen kepada sangga Kerja Paling Lambat Tanggal 5 Agustus 2017
-       Membayar Dana Gotong Royong kegiatan paling lambat tanggal 5 Agustus 2017 kepada Bendahara Panitia Penyelenggara

2.    Tahap 2
-       Pinkon Menyerahkan seluruh kelengkapan administrasi kepada sangga kerja maksimal tanggal 11 Agustus 2017
-       Menyerahkan foto copy bukti pendaftaran tahap 1
-       Pinkon akan mendapatkan kartu booking dan pengundian nomor kapling
-       Peserta dapat mendirikan tenda di kapling yang sudah disediakan panitia setelah mendapatkan nomor kapling
-       Pendaftaran tahap 2 yaitu tanggal 11 Agustus 2017 dimulai pukul 13.00 WIB s.d 24.00 WIB

G.   MATERI KEGIATAN
1.    Giat Umum
a.    Upacara Pembukaan
b.    Uacara Renungan Ulang Janji
c.    UPacara Peringatan Hari Pramuka
d.    Upacara Penutupan

2.    Giat Rutin
a.    Apel Pagi
Tujuan : Sebagai sarana informasi kontingen dan menumbuhkan rasa nasionalisme kepada tanah air
b.    Apel Sore
Tujuan : Sebagai sarana informasi kontingen dan menumbuhkan rasa nasionalisme kepada tanah air
c.    Pam Swakarsa
Tujuan : Menjaga Keamanan dan ketertiban
d.    Korve
Tujuan : Menjaga Keamanan dan kebersihan lingkungan

3.    Giat Wawasan
a.    Ceramah Umum Ketua Kwarran
Tujuan : Meningkatkan wawasan peserta dalam wawasan kepramukaan
Hari, tanggal       :
Waktu                   :
Tempat                 :
Peserta                : 2 orang peserta persangga
Perlengkapan     : Alat tulis
Pakaian               : Pakaian pramuka lengkap
Teknis Kegiatan :
1.    Peserta berkumpul di Aula A masing-masing 15 menit sebelum kegiatan mengumpulkan kartu kontrol kegiatan kepada Pj kegiatan
2.    Peserta melaksanakan absensi kegiatan sebelum pelaksanaan kegiatan
3.    Setelah materi selesai peserta kembali ke tenda masing-masing dan telah mendapat stiker/ stampel kegiatan

b.    Diskusi Penegak/ Pandega
Tujuan                 : Memberikan motivasi dan semangat kepada peserta kegiatan melalui sharing pengalaman dari narasumber
Peserta                : 2 per sangga
Pakaian               : Seragam Pramuka Lengkap
Teknis Kegiatan :
1.    Peserta berkumpul di Lapangan Utama/ Tribun 10 menit sebelum waktu pelaksanaan dan mengumpulkan kartu kontrol kegiatan kepada Pj kegiatan
2.    Peserta melaksanakan absensi kegiatan sebelum pelaksanaan kegiatan
3.    Setelah Selesai materi peserta kembali ke tenda masing-masing dan telah menerima stiker/ stampel kegiatan

c.    Mesenger Of Peace
Tujuan                 : Mengenalkan MOP Kepasa Peserta GWP Tahun 2017
Peserta                : 2 per sangga
Pakaian               : Seragam Pramuka Lengkap
Teknis Kegiatan :
1.    Peserta berkumpul di joglo 15 menit sebelum waktu pelaksanaan dan mengumpulkan kartu kontrol kegiatan kepada pj kegiatan
2.    Peserta melaksanakan absensi sebelum menerima materi kegiatan
3.    Setelah Selesai materi peserta menerima stiker/ stampel dan kembali ke tenda masing-masing

4.    Giat Persaudaraan
a.    Dinamika Kelompok
Kegiatan Perkenalan awal yang diikuti oleh seluruh peserta setelah Upacara Pembukaan
b.    Outing Persaudaraan
Kegiatan yang bertujuan untuk memupuk persaudaraan antar sesama peserta GWP tahun 2017
c.    Audience Ngadi Salira Busana
Tujuan                 : Memeriahkan Ngadi Salira Busana
Hari, tanggal       :
Waktu                   :
Tempat                 :
Peserta                : 5 orang persangga
Perlengkapan     : Alat Tulis dan matras
Pakaian               : Kaos Kegiatan, Scarf
Teknis Kegiatan :
4.    Peserta berkumpul di lapangan utama 15 menit sebelum waktu pelaksanaan dan mengumpulkan kartu kontrol kegiatan PJ kegiatan
5.    Peserta menonton perlombaan Ngadi Salira Busana dan memeriahkan kegiatan tersebut
6.    Selesai menonton peserta kembali ke tenda masing-masing setelah menerima stiker/ stampel dari sangga kerja

5.    Giat Bakti
a.    Bumbung Pramuka Peduli
Tujuan     : Meningkatkan jiwa sosial kemanusiaan yang tinggi
Peserta    : 8 per Sangga
Teknis      :
-       Peserta menghimpun Dana Pramuka Peduli yaitu uang sejumlah Rp. 5.000,-/ Peserta dengan media bumbung
-       Perwakilan satu orang peserta menyerahkan Bumbung yang sudah terisi sejumlah uang Rp.5.000,- x 8 Orang : Rp. 40.000,-
-       Perwakilan satu orang Peserta menyaksikan penghitungan Dana Pramuli yang terkumpul
-       Dana Pramuka Peduli yang terkumpul tersebut kemudian diserahkan Kepada Kwartir Ranting 110113 Karangpucung..

b.    Perpustakaan Pramuka
Tujuan     : Meningkatkan Fasilitas Perpustakaan Pramuka
Peserta    : 8 per Sangga
Teknis      :
-       Setiap peserta kegiatan GWP menyerahkan minimal satu jenis buku bekas layak baca seperti Buku Cerita Fiksi atau Non Fiksi atau Referensi Pramuka (tidak dianjurkan buku baru)
-       Perwakilan satu orang peserta menyerahkan 8 Buku yang sudah terkumpul kepada Panitia Kegiatan
-       Perwakilan satu orang peserta tersebut bersama dengan peserta yang lain membuat/ medesain Perpustakaan Pramuka di Lokasi yang sudah disiapkan

6.    Giat Pimpinan Kontingen dan Bindamping
a.    Temu Teknis Kegiatan
b.    Temu Pinkon dan Bindamping





7.    GIAT PRESTASI
a.    LOMBA KARYA TULIS ILMIAH
·         Tujuan : Sarana Evaluasi kemampuan anggota pramuka T/D se Kwarran 110113 Karangpucung dalam penguasaan Karya Tulis
·         Ilmiah
·         Hari, tanggal       :
·         Waktu                   :
·         Tempat : 1. Putra =, 2. Putri : t
·         Peserta : 1 orang per sangga
·         Pakaian : Pakaian Pramuka Lengkap
·         Teknis Kegiatan :
1.    Tema :      Putra             : Pramuka dan Pendidikan,
Putri    : Pramuka dan Lingkungan
2.    Sistematika Penulisan Karya Ilmiah
Sistematika penulisan berisi rancangan yang teratur sebagai berikut:
A.   Bagian Awal
1)    Cover
2)    Halaman Judul
3)    Kata Pengantar
4)    Daftar Isi
B.   Bagian Inti
1)    Bab I – Pendahuluan
Bagian pendahuluan mencakup hal-hal sebagai berikut:
i.        Latar belakang yang memuat alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya ilmiah dan penjelasan tentang penting dan menariknya masalah tersebut
ii.       Uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan
iii.      Mengandung pertanyaan yang akan dijawab melalui tulisan
iv.      Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai

2)    Bab II – Tinjuan Pustaka
i.        Tinjuan pustaka melalui uraian-uraian dan penjelasan yang
ii.       menunjukan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji
iii.      Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang akan dikaji Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan

3)    Bab III – Metode Penulisan
Menguraikan secara cermat cara atau prosedur pengumpulan data dan informasi, analisis permasalahan, pengambilan kesimpulan serta perumusan atau rekomendasi yang digunakan penulis


4)    Bab IV – Pembahasan
Analisis permasalahan didasarkan pada data atau informasi, serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif pemecahan masalah atau gagasan kreatif

5)    Bab V – Penutup
Kesimpulan yang diambil harus konsisten dan saran yang disampaikan berupa gagasan yang berkaitan dengan kesimpulan

C.   Bagian Akhir
Daftar pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber acuan yang disebutkan





3.    Ketentuan Penulisan
a.    Karya ilmiah dikumpulkan sejumlah 3 exemplar paling lambat diterima oleh sangga kerja paling lambat pada tanggal 5  Agustus 2017, pukul 24.00 WIB dengan cover putra : hijau muda dan cover putri : kuning.
Karya Ilmiah dikirim kepada Sangga Kerja Gladi Widya Pandawa Tahun 2017 dengan alamat Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Ranting 110113 Karangpucung.
b.    Karya ilmiah minimal 15 halaman dan maksimal 30 halaman tidak termasuk bagian awal dan bagian akhir
c.    Naskah karya menggunakan bahasa Indonesia yang baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan
d.    Penomoran Halaman,
1.    Bagian awal (halaman judul, kata pengantar dan daftar isi) memakai angka romawi kecil (i,ii, dan seterusnya) dan diketik sebelah kanan bawah, namun pada halaman judul tidak ditulis tetapi diperhitungkan
2.    Bagian inti sampai akhir memakai angka (1,2,3 dan seterusnya) dan diketik sebelah kanan bawah
e.    Tata letak
1.    Karya tulis diketik 1.5 spasi pada kertas berukuran A4 (front 12, times new roman)
2.    Batas pengetikan
a.    Samping kiri 2.5 cm
b.    Samping kanan 2.5 cm
c.    Batas atas dan bawah masing-masing 2 cm
3.    Jarak pengetikan Bab, Sub-bab dan perinciannya
a)    Jarak Pengetikan antara Bab dan Sub bab adalah 3 spasi, subbab dan kalimat di bawahnya 2 spasi
b)    Judul Bab diketik dengan huruf kapital dan dengan jarak 2 cm dari tepi atas tanpa garis bawah.

4.    Ketentuan Lain-lain
a.    Setiap karya tulis harus orisinil dan merupakan karya sendiri serta belum pernah menang dalam lomba lain
b.    Seluruh peserta menyiapkan bahan presentasi dalam format power point
c.    Alokasi waktu presentasi adalah 7 menit belum termasuk Tanya jawab
d.    Alat bantu disediakan peserta (panitia hanya menyediakan kertas dan listrik)
e.    Selama Presentasi berlangsung semua peserta yang maju pada jadwal itu diwajibkan ada dalam ruangan presentasi
f.     Urutan Presentasi berdasarkan nomor undi yang diambil saat temu Pimpinan Kontingen/ Bindamping

Kriteria Penilaian :
I.              Pengumpulan Karya Tulis
1.    Sistematika Penulisan
2.    Kesesuaian tema dan Kreatifitas gagasan
3.    Aktualitas dan Orisinalitas karangan
4.    Administrasi (Ketepatan waktu pengumpulan)
II.            Presentasi
1.    Penguasaan Materi
2.    Penyajian (penampilan dan tanya jawab)
III.           Bobot Penilaian
1.    Karya Tulis : 60 %
2.    Presentasi : 40 %


b.    TEKNOLOGI TEPAT GUNA
·         Tujuan : Mendorong peningkatan inovasi dan kreatifitas pramuka penegak dan pramuka pandega Karangpucung dalam mengelola teknologi alternatif ramah lingkungan.
·         Hari/Tanggal :
·         Waktu :
·         Tempat : Putra =               , Putri =  
·         Peserta : 2 orang persangga
·         Pakaian : Seragam Pramuka Lengkap
·         Teknis Kegiatan :
I.       Ketentuan Karya Lomba
1.    Karya belum pernah dilombakan dalam perlombaan serupa.
2.    Karya belum pernah dipublikasikan,
3.    Originalitas Karya dapat dipertanggungjawabkan dan bukan merupakan hasil plagiat.
4.    Naskah diketik dengan font Times New Roman, ukuran font (font size) 12 pt, ukuran spasi 1,5.
5.    Ukuran kertas A4, dijilid rapi dengan warna sampul (cover) biru muda untuk peserta putra dan merah untuk peserta putri.
6.    Format Dokumen:
·         BAB I Pendahuluan
(Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan)
·         BAB II Tinjauan Pustaka
·         BAB III Metode Karya Teknologi
·         BAB IV Hasil Karya Teknologi
(Alat dan Bahan, Proses Pembuatan, Cara Penggunaan, Hasil, Manfaat, dll)
·         BAB V Perkiraan Analisis Biaya
·         BAB VI Penutup
·         Lampiran-lampiran
·         Daftar Pustaka
·         Dan Lain-Lain

7.    Dokumen hasil karya dibuat rangkap 3(tiga) dan paling lambat diterima oleh sangga kerja pada tanggal 5 Agustus 2017 pukul 24.00 Wib. Makalah dikirim kepada Sangga Kerja Gladi Widya Pandawa (GWP) Tahun 2017 dengan alamat Sanggar Bakti Pramuka Kwarran 110113 Karangpucung.

II.         Ketentuan Perlombaan
1.    Peserta membuat Teknologi Tepat Guna (TTG) dengan tema “Teknologi Alternatif Pemanfaatan Limbah Ramah Lingkungan”.
2.    Peserta membawa 1 bahan jadi dan setengah jadi untuk diperagakan.
3.    Setelah peragaan dilaksanakan tanya jawab.
4.    Masing-masing karya dipresentasikan dengan alokasi waktu maksimal 30 menit (20 menit presentasi, 10 menit tanya jawab).
5.    Peserta maju sesuai dengan urutan nomor undi yang telah diambil pada saat temu Pinkon/ Bindamping.

III.    Kriteria Penilaian
1.    Makalah
a.    Administrasi (ketepatan waktu pengumpulan makalah)
b.    Format makalah
c.    Inovasi dan manfaat (tingkat kebutuhan masyarakat dan nilai jual)
2.     Peragaan
a.    Peragaan (keterampilan merangkai dan keberhasilan alat peraga)
b.    Penampilan
c.    Penguasaan Materi
3.    Bobot Penilaian
a.    Makalah : 30%
b.    Peragaan : 70%

c.    NEWS PRESENTER
ü  Tujuan : Mengevaluasi kemampuan pramuka penegak/ pandega se-  karangpucung dalam kegiatan jurnalistik dan presentasi berita.
ü  Hari, tanggal             :
ü  Waktu             :
ü  Tempat           :             = Putra dan            = Putri
ü  Peserta          : 2 orang per sangga
ü  Perlengkapan : Alat tulis, Kamera Digital, Notebook/Laptop, Modem
ü  Pakaian         : Pramuka Lengkap
ü  Teknis Kegiatan :
Tahap 1
Pra Kegiatan (Latihan)
-       Setiap peserta mengirimkan video reportase tentang kegiatan latihan dalam rangka persiapan kegiatan Gladi Widya Pandawa Tahun 2017 dengan durasi 2-3 Menit paling lambat 1 Agustus 2017 Jam 24.00 WIB ke E mail Kwarran Karangpucung = kwarran110113@gmail.com atau  datang langsung ke Sekretariat Kwarran Karangpucung.
-       Setiap peserta wajib memiliki akun facebook dan IG pribadi atau organisasi
-       Meminta pertemanan dengan acount FB dan IG Kwartir Ranting Karangpucung dan segera meminta untuk dikonfirmasi
-       Setiap peserta mengupload hasil karya melalui akun Facebook dan akun Intsagram Pribadi/ Organisasi dan tag ke akun kwarran karangpucung
-       Setiap peserta wajib mempromosikan hasil karya nya untuk mendapatkan like dan komen sebanyak mungkin.
-       Setiap peserta boleh mengirimkan video reportase lebih dari 1 berita
-       Video reportase yang dikirim ke email kwarran karangpucung adalah video unggulan versi peserta yang akan diikutkan dalam perlombaan.
-       Penilaian video reportase tahap satu dimulai sejak video tersebut di uplod/ share (tanggal 2 Agustus 2017 Jam 01.00 WIB s.d 11 Agustus 2017 Jam 24.00 WIB)

Tahap 2
Pelaksanaan Kegiatan (hari pertama)
-       Seluruh peserta akan mendapatkan pengarahan dari Panitia Pelaksana
-       Setiap peserta akan diberi tugas untuk mencari, memiliki, mengolah, dan mempublikasikan berita di area perkemahan/ kegiatan dalam bentuk Video reportase
-       Uplod dan share video reportase tersebut melalui akun FB dan IG yang digunakan pada saat penilaian tahap 1
-       Share/tag video reportase tersebut ke akun FB dan IG Kwarran Karangpucung
-       Proses editing dan publikasi ditempat dan waktu yang sudah ditentukan oleh panitia dilaksanakan secara bersama-sama
-       Tahap ini diakhiri dengan presentasi berita yang sudah di upload/ share dengan menyampaikan materi yang sama didepan dewan yuri.
-       Ketentuan Video Reportase
a.    Durasi                                    : 2-3 Menit
b.    Materi Berita              : sesuai dengan kegiatan yang sedang berlangsung
c.    Sumber berita           : semua warga perkemahan dan masyarakat sekitar
  lokasi kegiatan Perkemahan
d.    Tema Berita               : Kegiatan Lomba/ Kondisi Perkemahan/ Kondisi
  Lingkungan, Profil Toga/Tomas, dll

Tahap 3 (hari kedua)
-       Seluruh peserta akan mendapatkan pengarahan dari Panitia Pelaksana
-       Setiap peserta akan diberi tugas untuk mencari, memiliki, mengolah, dan mempublikasikan berita di area perkemahan/ kegiatan dalam bentuk Buletin Kegiatan
-       Uplod dan share buletin/ berita kegiatan melalui akun FB dan IG yang digunakan pada saat penilaian tahap 1
-       Share/tag buletin kegiatan tersebut ke akun FB dan IG Kwarran Karangpucung
-       Sertakan foto kegiatan yang dibuat berita/ buletin yang dianggap paling sesuai dengan buletin yang buat
-       Proses editing dan publikasi dilaksanakan bersama dengan peserta lain pada tempat yang sudah disiapkan panitia
-       Berita harus mampu menjawab 5 W 1 H

-       Adapun jumlah berita yang dibuat minimal dua buah berita Video reportase dan dua buah Berita/ Buletin Kegiatan setiap hari dengan ketentuan :
a)    Hari pertama             : Kegiatan Pagi, Sore/ Malam
b)    Hari kedua                : Kegiatan Pagi, Sore/ Malam

-       Ketentuan Buletin Kegiatan
a.    Durasi                        : 2-3 Menit
b.    Materi Berita  : sesuai dengan kegiatan yang sedang berlangsung
c.    Sumber berita           : semua warga perkemahan dan masyarakat sekitar
  lokasi kegiatan Perkemahan
d.    Tema Berita               : Kegiatan Lomba/ Kondisi Perkemahan/ Kondisi
e.    Lingkungan, Profil Toga/Tomas, dll

-       Penilaian Tahap 1 (70%)
a.    Durasi                                    : 10%
b.    Keaslian                    : 10%
c.    Teknik Reportase     : 15%
d.    Nara Sumber                        : 10%
e.    Jumlah Like              : 05 %
f.     Teknik Editing          : 10%
g.    Materi Berita              : 10%
h.    Banyaknya berita     : 10%
i.      Presentasi                 : 20%
·         Keluwesan dalam berbicara dan pengucapan kata
·         Kesesuaian dengan topik
·         Peformance
·         Pengembangan gagasan dan improvisasi materi

-       Penilaian Tahap 2 (30%)
a.    Keaslian                    : 20%
b.    Nara Sumber                        : 20%
c.    Jumlah Like              : 15 %
d.    Teknik Editing          : 15%
e.    Materi Berita              : 20%
f.     Banyaknya berita     : 10%

Kriteria Penilaian :
Setiap kriteria penilaian mendapat penilaian oleh juri dengan rentang 60 – 100,

d.    SCOUTING SKILLS
-       Tujuan : Mengevaluasi penguasaan pramuka penegak/ pandega se-Karangpucung dalam kemampuan skill kepramukaan
-       Hari, tanggal                         :
-       Waktu                         :
-       Titik kumpul              : Lapangan Utama
-       Tempat                       : Jalur penjelajahan sekitar buper
-       Peserta                      : 5 orang per sangga
-       Perlengkapan :
1.    Kertas Kerja
2.    Penggaris
3.    Papan kerja
4.    Alat tulis (bolpen, Pensil, penghapus dan rautan)
2.    Kompas
3.    Tali pramuka
4.    Perlengkapan pionering :
a.    Bambu (sesuai kebutuhan)
b.    Tali pramuka (3 pilin) (sesuai kebutuhan)
-       Pakaian : Kaos Kontingen/ Lapangan/ Scarf
-       Teknis Kegiatan :
1)    Peserta sudah tiba di lapangan utama pukul 07.30 dan sudah membawa peralatan yang akan digunakan
2)    Kegiatan Scouting Skill berupa penjelajahan dengan melalui beberapa Pos perjalanan yang terdiri dari :
a.    Semboyan (sandi, morse, semaphore)
b.    Perpetaan (lapangan, pita, dan panorama)
c.    Pionering Berupa pembuatan Pionering aplikatif dalam waktu maksimal 30 menit:
1)    Merupakan bangunan yang memiliki nilai kegunaan,
2)    Tidak berbentuk purwarupa (miniatur) tetapi memiliki ukuran
3)    minimal setinggi 1,6 m
4)    Dapat langsung digunakan (memiliki nilai manfaat)
5)    Perlombaan dilakukan untuk persangga
6)    Peserta tidak diperbolehkan :
-          Membawa catatan sebagai alat bantu yang berkaitan dengan teknik kepramukaan
-          Saling membantu antar peserta atau membocorkan jawaban kepada kontingen lain
-          Membawa piranti teknologi pembantu semacam GPS dan Handphone
-          Didampingi pimpinan, peserta atau pembina pendamping kontingennya selama perjalanan
-          Berbuat kecurangan yang merugikan peserta lain
-          Apabila berbuat kecurangan peserta dinyatakan gugur dalam perlombaan Scouting Skill
-       Kriteria Penilaian :
a)    Perlombaan dilakukan untuk masing-masing mata lomba yaitu, pionering, semboyan (sandi,morse dan semaphore) dan Perpetaan (peta pita, panorama dan lapangan). Setiap masing-masing mata lomba memperebutkan juara 1,2,3.
b)    Pionering (pionering aplikatif)
-          Nilai kegunaan
-          Ketepatan penggunaan tali
-          Kekuatan tali dan bangunan
Setiap item bernilai (0 s.d 100)
c)    Semboyan
-          Sandi
Nilai kebenaran (0 s.d 100)
-          Semaphore
Nilai Kebenaran (0 s.d 100)
-          Morse
Nilai Kebenaran (0 s.d 100)
-          Total nilai adalah 300
d)    Perpetaan
-          Peta Pita
·         Kerapian dan keindahan
·         Kesesuaian dengan ketentuan
·         Rentang nilai (50 s.d 100)
-          Peta Lapangan
·         Kerapian dan keindahan
·         Kesesuaian dengan ketentuan
·         Rentang nilai (50 s.d 100)
-          Peta Panorama
·         Kerapian dan keindahan
·         Kesesuaian dengan ketentuan
·         Rentang nilai (50 s.d 100)

e.    LOMBA CEPAT TEPAT PRAMUKA
-       Tujuan : Mengevaluasi Pengetahuan Kepramukaan dan Pengetahuan umum  Pramuka Penegak/ Pandega se Kwarran Karangpucung
-       Hari, tanggal             Penyisihan   :
Final               :
-       Waktu             Penyisihan   :
Final               :
-       Tempat           Putera                        :
Puteri             :
-       Peserta                                  : 3 orang Per sangga
-       Perlengkapan                       : Alat Tulis
-       Pakaian                                 : Pramuka Lengkap
-       Bobot Soal                            : Pengetahuan Kepramukaan dan Tekpram (80 %)
  dan  Pengetahuan umum (20%)
-       Teknis Kegiatan:
a.    Tahap Penyisihan
Peserta akan dibagi ketiga tempat/ ruang yang berbeda untuk menjawab soal tertulis secara individu sejumlah 100 soal pilihan ganda dalam waktu 120 menit kemudian akan diambil 5 terbaik (nilai tertinggi) untuk masuk fina.l
Aturan nilai dalam babak penyisihan adalah
-       Setiap jawaban benar bernilai (3)
-       Tidak dijawab bernilai (0)
-       Jawaban salah bernilai (-1)
Nilai Akhir (NA) = Nilai Peserta 1 + Nilai Peserta 2 + Nilai Peserta 3
3
b.    Tahap Final
Tahapan soal terdiri dari
1.    Soal Wajib = 5 butir per regu
-       Wajib dijawab /sangga
-       Jawaban benar, nilai 100
-       Jawaban salah , nilai 0
2.    Soal Lemparan = 5 butir per regu
-       Wajib dijawab /sangga, jika jawabannya salah maka dijawab oleh sangga selanjutnya
-       Nilai 100, bagi sangga yang menjawab dengan benar
-       Nilai 0 bagi jawaban yang salah
3.    Soal Rebutan = 10 butir
-       Merupakan soal bebas yang dapat dijawab oleh sangga yang tercepat memberikan respon untuk menjawab
-       Nilai 100, bagi sangga yang menjawab dengan benar
-       Nilai -100 (minus seratus) bagi jawaban yang salah

f.     K3 PERKEMAHAN
ü  Tujuan : menciptakan kebersihan, keindahan dan kerapian pertendaan dan bumi perkemahan selama kegiatan berlangsung
ü  Hari, tanggal                         : Setiap hari selama kegiatan
ü  Waktu                         : Sewaktu-waktu
ü  Titik Kumpul             : -
ü  Tempat                       : Tenda masing-masing
ü  Peserta                      : Seluruh anggota sangga
ü  Perlengkapan           : Kebersihan dan instrumen pertendaan
ü  Pakaian                     : -
ü  Teknis Kegiatan :
a.    Peserta mendirikan tenda di tapak perkemahan masing-masing setelah melakukan registrasi
b.    Pointer yang diutamakan muncul yaitu :
·         Kesesuaian setting pertendaan dengan tema kegiatan (tema = kekhasan Ambalan/ Racana masing-masing)
·         Pointer pendukung
A.   Perlengkapan Kebersihan
B.   Pemisahan sampah organik dan non organik
C.   Tempat sepatu
D.   Jemuran
E.   Pagar (Hanya menggunakan tali dan bambu)
F.    Gapura (Tidak menggunakan MMT / spanduk)
G.   Taman
·      Pointer administrasi pendukung
1.    Buku tamu
2.    Majalah dinding
3.    Daftar kontingen

ü  Kriteria Penilaian :
a.    Kebersihan dan ketertiban (50 – 100)
b.    Kerapian dan keindahan (50 – 100)
c.    Setting dan Tema (50 – 100)
d.    Item Pendukung (0-70)
e.    Item administrasi pendukung (0-30)

g.    TERTIB ADMINISTRASI
ü  Tujuan : Menjaga ketertiban dan kedisiplinan kontingen dalam memenuhi kelengkapan administrasi kontingen
ü  Hari, tanggal                         : Tahap pendaftaran (1-7 Agustus 2017) dan
  Tahap daftar ulang (12 Agustus 2017)
ü  Waktu                         : Saat Daftar Ulang
ü  Tempat                       : Tempat regristasi peserta
ü  Peserta                      : Pimpinan Kontingen Cabang
ü  Perlengkapan           : Perlengkapan administrasi
ü  Pakaian                     : Pramuka Lengkap
ü  Teknis Kegiatan       :
1)    Mekanisme alur pendaftaran sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan oleh bidang administrasi
2)    Persyaratan administrasi dijilid cover merah untuk putra dan putih untuk putri, serta diburning di cd terpisah antara putra dan putri
3)    Kriteria Penilaian :
                       i.          Ketepatan Waktu dinilai sejak tahap pendaftaran apabila tidak tepat tidak mendapat nilai (maks 20)
                      ii.          Kelengkapan
a)    Setiap item form kecuali item perseorang (biodata, item pendukung peserta) (maks 20)
b)    Setiap item pendukung dinilai (maks 10)
c)    Setiap Item perseorangan yaitu Item biodata dan item pendukung peserta (setiap item dinilai 1 poin)
                    iii.       Kerapian (urut, menunjukan asli, sesuai format) (mak 30)
                    iv.       Administrasi lomba setiap item dinilai 5 poin (maksimal 15)

h.    NGADI SALIRA BUSANA
-       Tujuan           : Mengevaluasi kemampuan pramuka penegak se karangpucung dalam Pengetahuan sosial budaya utamanya busana Jawa dan permasalahan sosial kemasyarakatan di Jawa Tengah Khususnya Kabupaten Cilacap.
-       Hari/Tanggal                         :
-       Waktu                                     :
a.    Wawancara                     : 07.30 s.d 11.30
b.    Final                                 : 18.30 s.d 22.30
-       Tempat                                   : Tribun
-       Peserta                                  : 1 orang persangga
-       Perlengkapan :
a.    Wawancara : seragam pramuka lengkap
b.    Final : pakaian adat, perlengkapan rias
-       Teknis Kegiatan :
Tahap Wawancara
a.    Seluruh peserta mengikuti tahap wawancara.
b.    Peserta menjalani tes wawancara yang akan menilai kepribadian, kemampuan linguistik, wawasan umum dan budaya.
Tahap Final
1.    Tahap final akan dibagi menjadi dua sesi, yakni:
a.    Sesi I
(1)  Merupakan sesi penilaian untuk semua peserta dalam merias diri dan berbusana adat Jawa jangkep klasik Surakarta atau Jogjakarta.
(2)  Ketentuan Peserta Putra
-       merias diri, memakai blangkon, beskap, keris dan sandal slop
-       alokasi waktu 45 menit
(3)  Ketentuan Peserta Putri
-       merias diri, memakai sanggul, jarik wiru. (tidak berjilbab)
-       alokasi waktu 60 menit
(4)  Peserta dibantu oleh masing-masing pimpinan kontingen
(5)  Masing-masing peserta memperkenalkan diri di depan dewan juri dengan alokasi waktu 30 detik per peserta
(6)  Setelah sesi I dilaksanakan, akan diambil 5 finalis putra dan 5 finalis putri yang akan maju ke sesi selanjutnya
b.    Sesi II
(1)  Merupakan sesi tanya jawab yang diikuti para finalis.
(2)  Masing-masing peserta maju secara berpasangan untuk mendapat pertanyaan dari dewan juri (pertanyaan diberikan dengan metode acak/berbeda beda tiap peserta)
(3)  Alokasi waktu menjawab adalah 60 detik per peserta
(4)  Sesi II dibagi menjadi 2 babak, yakni:
(a)  Pertanyaan Babak 1
Diambil 3 finalis putra dan 3 finalis putri untuk maju ke babak 2
(b)Pertanyaan Babak 2
Penentuan Juara I, II, III

-       Ketentuan Penilaian
1.    Tahap Wawancara
a.    Kepribadian
b.    Linguistik
c.    Wawasan
2.  Tahap Final
e.    Keterampilan merias (kerapian busana, keserasian busana, dan aksesoris, serta penampilan)
b.    Ketepatan busana (jenis pakaian jawa, sanggul jawa, jarik wiru panjang, beskap dan blangkon)
c.    Ketepatan jawaban
d.    Sikap dan penampilan

i.      Penentuan Juara Umum
Juara Umum terdiri dari Juara umum putra dan Juara Umum Putri adalah pengumpul poin terbanyak pada seluruh giat prestasi GWP tahun 2017 ketentuan point sebagai berikut :
a.    Juara 1 : 9 poin
b.    Juara 2 : 7 poin
c.Juara 3 : 5 poin

Keterangan :
-       Apabila terdapat nilai sama maka akan dilihat jumlah juara 1 per item lomba dst.
-       Apabila masih terdapat nilai sama untuk menentukan kejuaraan di nilai dari kelengkapan administrasi.
-       Juara Umum Putera atau Puteri merupakan sangga terbaik dan akan mewakili Kwartir Ranting Karangpucung pada kegiatan Gladi Widya Wijayakusuma Kwarcab 1101 Cilacap pada bulan September 2017.

H.   PELAKSANAAN KEGIATAN
1.    Mekanisme Mengikuti Kegiatan
Untuk memudahkan penyelenggaraan dalam mengelola kegiatan sehingga kegiatan dapat berjalan lancar, aman, dan terkendali, perlu disusun tata cara atau mekanisme dalam mengikuti kegiatan seperti tersebut di bawah ini;
a.    Peserta datang ke titik kumpul 15 menit sebelum kegiatan dimulai dengan membawa atribut peserta berupa id card dan kartu kegiatan.
b.    Titik kumpul kegiatan di bumi perkemahan adalah tempat atau lokasi kegiatan, sedangkan titik kumpul untuk kegiatan di luar bumi perkemahan adalah lapangan utama
c.    Peserta mengumpulkan kartu kegiatan kepada PJ kegiatan.
d.    Sebelum memulai kegiatan, peserta melakukan presensi dengan membubuhkan tanda tangan di lembar presensi yang dibawa PJ kegiatan. Kemudian, setelah selesai melakukan kegiatan, PJ kegiatan akan melakukan checklist berdasarkan lembar presensi.
e.    Pengumpulan kartu kegiatan saat atau selesai kegiatan tidak akan dilayani/peserta dianggap tidak mengikuti kegiatan.
f.     Setelah selesai kegiatan, peserta dapat mengambil kartu kegiatan kepada PJ kegiatan.

2.    Alur Mengikuti Kegiatan
Tata cara atau alur mengikuti kegiatan Gladi Widya Pandawa Tahun 2017 adalah sebagai berikut :
3.    Ketentuan Umum Giat Prestasi
a.    Peserta giat prestasi adalah peserta Gladi Widya Pandawa yang telah didaftarkan oleh pimpinan kontingen maksimal saat daftar ulang pada tanggal 11 Agustus 2017
b.    Peserta giat prestasi yang telah didaftarkan tidak dapat dirubah kecuali dikarenakan sakit,
c.    Perubahan peserta dikarenakan sakit dilakukan oleh pimpinan kontingen maksimal 2 (dua) jam sebelum pelaksanaan lomba dimulai,
d.    Pendaftaran perubahan peserta dilakukan oleh pimpinan kontingen dengan melaporkan kepada bidang kegiatan,
e.    Diskualifikasi bagi kontingen Gudep yang bersangkutan manakala diketahui peserta kegiatan bukanlah peserta yang telah didaftarkan oleh pimpinan kontingen,
f.     Keputusan dewan juri berkaitan dengan hasil giat prestasi per mata lomba dan keseluruhan tidak dapat diganggu gugat

I.      TANDA PENGENAL
Dalam pelaksanaan tata tertib penyelenggaraan Gladi Widya Pandawa Tahun 2017, setiap individu yang terlibat dalam kegiatan diberikan tanda pengenal yang berlaku selama berlangsungnya kegiatan. Tanda Pengenal merupakan tanda khusus yang ada di Gladi Pandawa tahun 2017 untuk membedakan Sangga Kerja, Peserta, Pinkon, Bindamping, Juri, Pemateri, dll.
1)    Kartu Identitas diri (ID card)
-       Persegi panjang berukuran 5 x 8 cm
-       Bertali warna untuk dikalungkan dileher
ID card ini berupa :
a.    Tanda Sangga Kerja
-       Warna dasar biru
-       Bertuliskan Sangker, terdapat kolom untuk nama, dan jabatan
b.    Tanda Peserta
-       Warna dasar merah
-       Bertuliskan Peserta, terdapat kolom untuk nama, utusan dan nomor Ploting
c.    Tanda Pimpinan Kontingen
-       Warna dasar hijau
-       Bertuliskan Pinkon, terdapat kolom nama dan utusan
d.    Tanda Pembina Pendamping
-       Warna dasar ungu
-       Bertuliskan Bindamping, terdapat kolom nama dan utusan
e.    Tanda Pemateri
-       Warna dasar kuning
-       Bertuliskan Pemateri/Instruktur, terdapat kolom nama dan materi
f.     Tanda Juri
-       Warna dasar abu-abu
-       Bertuliskan Juri, terdapat kolom nama dan mata lomba

2.    Ban Lengan Aparat Pemerintahan
Sebagai identitas aparat pemerintahan diberikan tanda-tanda lain sebagai identitas diri dilapangan untuk membedakan dengan sangga kerja lain, yang berupa ban lengan.
a.    Ban lengan berukuran 25 x 18 cm berwarna coklat tua, terdapat tulisan jabatan pemerintahan
b.    Ban lengan tersebut diberi perekat pada kedua ujungnya dan dikenakan pada pangkal lengan baju sebelah kiri yang meliputi :
1.    Camat
2.    Sekretaris Camat
3.    Ketua Bidang Kegiatan
4.    Ketua Bidang Sarana dan Prasarana
5.    Ketua Bidang Waslitev
6.    Lurah Putra
7.    Lurah Putri
8.    Staf Lurah
9.    Kesehatan
10. Keamanan
J.    TANDA PENGHARGAAN
1)    Tanda Ikut Serta Kegiatan
a.    Bentuk dan ukuran
Tanda Ikut Serta Kegiatan Gladi Widya Pandawa Tahun 2017 berbentuk persegi dengan ukuran 4 x 4 cm terbuat dari kain bordir
b.    Ketentuan mendapatkan Tiska
Ketentuan mendapatkan Tiska adalah peserta harus mengikuti kegiatan yang berlangsung selama Gladi Widya Pandawa tahun 2017 sesuai dengan Ploting masing-masing, dilihat berdasarkan kartu kontrol dan presensi
c.    Ketentuan pemakaian Tiska
Tiska Gladi Widya Pandawa tahun 2017 dikenakan di seragam pramuka
2)    Pin Kejuaran Giat Presatsi
Pin Kejuaran Giat Prestasi adalah sebuah Pin berbentuk lingkaran dengan tiga warna dasar yaitu Emas untuk Juara 1, Perak untuk Juara 2 dan Perunggu untuk Juara 3
3)    Tropy Kejuaraan Umum
Tropy Kejuaraan Umum adalah penghargaan yang diberikan kepada Sangga Tergiat Umum baik Sangga Putera ataupun Puteri.
K.   PENUTUP
1)    Hal lain yang belum tercantum dan dianggap perlu bisa dicantumkan sesuai dengan kesepakatan bersama
2)    Demikian draft ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan musyawarah menyambut hari Pramuka tahun 2017.

Kwartir Ranting 110113 Karangpucung
Ketua,



WABIN BUDIMAN, S.Pd.M.Pd

NTA. 1101130000000001

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Subscribe Chanel Youtube Kami Untuk Info Terbaru.
Subscribe